Kue Mangkok Mekar by diana on 15 October 2011 18 Comments

Huahahahahahaha jrennnggg ketemu lagi ama gue yang emang lagi gokil banget pengen buat ini itu lah, padahal badan lagi sakit, lagi musimnya flue, temen2 gue pada sakit yang sama, tapi penyakit tidak dapat menggoyahkan sedikitpun tekad bulat gue untuk buat KUE MANGKOK MEKAR (sampe kebawa mimpi loh hehehe….), maklum ini percobaan pertama… sempet deg2an takut ga mekar, soalnya bikinnya asal2an, sampe temen gue kaget pas liat foto diupload di FB, kok cepet katanya :))))) hahahahaha… gini inilah Diana Cahya, pengennya cepet2 liat hasilnya dan itu juga jadi penyebab kegagalan, sayangnya jarang gagal kecuali sus mami yang kemaren itu aihhhhhh =)) semoga nanti2 ga sering gagal ya hiks…..

Pagi2 udah bangun, siapin semua bahan yang emang udah dibeli 2 hari lalu, liat resep yang emang disadur dari BUKU “SNACK MANIS DAN GURIH” by NCC beli di Gramedia, campur sana campur sini, lumayan ribet sih menurut gue kalau liat resepnya, tapi kalau dijalani juga ga ribet, mudah aja, makanya kalau buat kedua kalinya biasanya udah terbiasa dan lebih praktis… Sampe tahap masukkan ke adonan ke dalam cucing yang udah dipanasi di dalam dandang yang sudah berasap banget mengepul2, gue berdoa “ya Tuhan semoga kue mangkok ini mekar” … setengah deg2an gue tutup dandang berisi adonan kue mangkok, 10 menit gue intip dari kaca penutup dandang, ih udah mulai keluar kuncup walau belum merekah hiks… deg2an bangett… exciting banget sih gue… berlebihan banget!!! tapi ya inilah ambisi gue, bikin kue mangkok mekar!!!! masak bolkus mekar ga pernah gagal, kue mangkok jadi kuncup, malu dong =)) HAHAHAHA… well just joke, kegagalan itu wajar kok, malah bisa jadi guru yang baik untuk kita lebih maju 😉

20 menit.. yihaaaaa… mekar sempurna booooookkkkk !!! jingkrak2 kesenengan + mesem2 sendiri hahaha… jepret sana sini, narsis di dalam dandang tuh kue mangkoknya, begini lah penampakannya saat action di dalam dandang (*walah*) =)) =))

KUE MANGKOK DALAM DANDANG

huaaahhhh puas bangetttt deh ama hasilnya, tinggal diicipin rasanya, maklum ini kan resep orang, jadi kan selera bisa beda, buka resep orisinil sendiri hehehehe 😀

yummmm … meski tanpa parutan kelapa (karena lupa beli), biasanya kan kue mangkok dimakan ama parutan kelapa… gitu loh… tapi ya rasanya enak kok, hanya karena gue adalah kaum ga suka manis, bagi gue ini kue mangkoknya kemanisan, next time mau dikurangi deh gulanya hehehe… tapi overall enak kok 😀 (thanks ya NCC for recipe-nya *hmuah*)

Well,  udah puas mainan baru dirampungkan, skrg din mau share deh resepnya, yang notabene sekali lagi ini resepnya dari BUKU RESEP “SNACK MANIS & GURIH” by NCC bisa dibeli di toko buku Gramedia kok 😀

KUE MANGKOK MEKAR

SELAMAT BERKARYA !!!

Kue Mangkok Mekar Diana Cahya

Bahan-bahan

  • 125 gr tape singkong
  • 175 gr gula pasir (kalau aku ga suka manis, aku kurangi jadi 100 gr)
  • 100 gr tepung terigu
  • 150 gr air
  • 75 gr gula pasir (kalau aku ga suka manis, aku kurangi jadi 50 gr)
  • 200 gr tepung beras
  • 200 ml air dingin
  • 150 ml air soda
  • 1 sdt baking powder

Cara pengolahan

  1. Campur tape dan 175gr gula pasir, aduk rata sampai halus.sisihkan
  2. Campur tepung beras dan air dingin, uleni sebentar, sisihkan.
  3. Masak air dan 75gr gula pasir hingga mendidih dan gula larut, tuang sedikit demi sedikit kedalam tepung terigu sambil diaduk hingga rata.
  4. Campur adonan tape dengan adonan tepung beras, uleni hingga licin, lalu campur adonan ini dengan adonan tepung terigu, uleni terus hingga rata.
  5. Masukkan baking powder, aduk rata, lalu tuangi air soda sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan encer. Saring.
  6. Bagi menjadi 2 bagian, masing-masing beri pewarna merah dan hijau.
  7. Panaskan cetakan kue mangkok dalam kukusan beruap banyak, tuangi cetakan dengan adonan. Kukus 20 menit. Angkat.

Catatan
Untuk Kue Mangkok Gula Jawa, ganti 175gr gula pasir dengan Gula Palm.

Cetakan ga usah dioles apa2, cara mengeluarkan kue dari dalam cetakan hanya dengan menyungkit menggunakan pisau.

Posted in Resep