Modeling Chocolate

Diana Cahya

Bahan-bahan

  • 200 gr White Cooking Choolate (WCC) / Coklat Putih
  • 60 gr Glukosa

Cara pengolahan

  1. Cairkan WCC dengan cara ditim, yaitu panaskan api di dalam panci, jangan sampai mendidih, tapi saat terlihat sedikit gelembung , matikan kompor, lalu taruh mangkok di atasnya, isi dengan WCC, usahakan mangkok lebih besar dari panci, agar uap air tidak masuk ke dalam coklat ya. Kalau aku langsung pake microwave, cara cepat, ga pake repot, ga cuci2 banyak perkakas 😀
  2. Aduk2 WCC sampai cair semua, lalu biarkan suhu ruang, masukkan Glukosa, aduk2 sampai menggumpal. Dalam tahap ini sudah bisa disebut Modelling Chocolate, bisa dibentuk2, tapi textur sangat mudah sekali lembek saat bersentuhan dengan tangan kita, krn suhu tangan kita hangat. Maka dari itu aku lanjutkan ke tahap yang berikutnya agar Modelling Chocolate lebih tidak cepat lembek.
  3. Remas2 adonan, hingga mengeluarkan minyak, lakukan sampai minyak habis. Modelling Chocolate sudah jadi dan bisa digunakan. Tapi karena aku ini orangnya perfeksionis, aku mau hasil yang lebih prima lagi, maka kuteruskan ke step berikutnya.
  4. Tipiskan adonan, lalu masukkan ke dalam kulkas (bukan freezer ya), besoknya uleni adonan hingga lemas dan bisa dibentuk. Modelling Chocolate sudah sempurna di tahap ini. Penyimpanannya bisa di dalam plastik tertutup rapat (suhu ruang), akan tahan lama, ambil bahan secukupnya bila akan digunakan.
  5. Dipraktekkan segera ya di rumah, jangan cuman dibaca dan direnung2kan, learning by doing. Semoga bermanfaat 🙂

Article printed from DianaCahya.Com: http://www.dianacahya.com

URL to article: http://www.dianacahya.com/2013/05/26/modelling-chocolate/