Waffles Making by diana on 6 June 2013 6 Comments

Ini nih menu yang sering dipesan kalau lagi mau nonton di XXI, harganya wah jangan ditanya pasti mahal yah dibandingkan ama buat sendiri, per porsi harganya Rp.30.000 untuk 1 pcs Waffle + Topping 1 scoop Ice Cream mungil + taburan Almond Slices, tapi ya pasti beli deh karena mana mungkin bawa bekal masuk bioskop XXI hahahaha… Karena suka banget ama ini waffle, meski tidak sedang mau nonton, kita selalu beli dan makan di cafe-nya XXI, yummm enak sih, tapi lebih nikmat saat makan sambil nonton ternyata …

Gemessss bangettt pengen buat sendiri aja di rumah, akhirnya menemukan resep ini, yang aku temukan di web ini (*thanks for sharing this recipe*)

Diamat2i bahan2nya sepertinya ini ada crunchy-nya seperti di XXI, karena ada putih telur yang dikocok sampe kaku, eh ternyata bener aja, pas dibuat emang mirip, cuman yang di XXI agak lebih bau telur dibanding yang ini, overall aku suka waffle dengan resep yang ini.

Nah aku sederhanakan dengan gambar step by step ala Diana Cahya ya  hehehe… Buatnya sungguh gampang super kok, asal kita bisa manage bahan2 dengan baik dan benar.

Step 1 – Pisahkan kuning telur dengan putihnya

Step 2 – Kocok putih telur sampai kaku

Step 3 – Perhatikan putih telur yang sudah kaku, akan seperti ini penampakannya, juga kalau mangkok dibalik, telur putih tidak jatuh 🙂

Step 4 – Campur semua bahan2 kecuali kocokan putih telur dimasukkan paling akhir ya

Step 5 – Masukkan susu, aduk dengan whisk

Step 6 – Adonan yang sudah diaduk rata menggunakan whisk

Step 7 – Saatnya memasukkan kocokan putih telur yang sudah kaku tadi

Step 8 – Hati2 dalam mengaduk adoanan yang sudah dituangi putih telur, aduk balik dan jangan Over yah, kalau masih ada buih2 putih telur biarkan saja 🙂

Step 9 – Tuang adonan ke dalam Waffle Maker, tutup dan biarkan matang

Tadaaaa… ini hasilnya, mudah kan?

IMG_0618

Setelah diangkat, hasilnya bener2 memuaskan, ini bisa jadi persediaan makanan untuk sarapan loh, tinggal masukkan ke dalam freezer. Kalau mau makan tinggal dipanaskan di dalam toaster / oven / microwave, atau dithawing aja juga bisa dimakan kok 🙂

IMG_0628

Ini saran penyajiannya, dimakan dengan ice cream + taburan almond slices dan raisin, waahhhh lupa deh semua masalah berat :)))

IMG_0635

IMG_0639

Wish you get a great Waffles like mine 😉

Classic Waffles

  • Jumlah porsi: 12 to 16 (4-inch) waffles

Bahan-bahan

  • 1 3/4 cups all-purpose flour
  • 1 tablespoon baking powder
  • 1/4 teaspoon salt
  • 2 egg yolks
  • 1 3/4 cups milk
  • 1/2 cup cooking oil
  • 2 egg whites
  • Pure maple syrup

Cara pengolahan

  1. In a medium mixing bowl stir together flour, baking powder, and salt. Make a well in the center of dry mixture; set aside.
  2. In another medium mixing bowl beat egg yolks slightly. Stir in milk and oil. Add egg yolk mixture all at once to the dry mixture. Stir just till moistened (batter should be lumpy).
  3. In a small mixing bowl beat egg whites till stiff peaks form (tips stand straight).
  4. Gently fold beaten egg whites into flour and egg yolk mixture, leaving a few fluffs of egg white. Do not overmix.
  5. Pour 1 to 1 1/4 cups batter onto a preheated, lightly greased waffle iron and close lid. Keep lid closed until steaming stops.
  6. When waffle is golden brown, use a fork to lift it off the iron. Serve hot with pure maple syrup.

Sumber: Better Homes & Gardens New Cookbook, Meredith Corporation ©1996

Posted in Resep