Terang Bulan by diana on 30 April 2014 142 Comments

Akhirnya setelah mencoba berulang kali, tercapailah hasil (yang menurutku) sempurna. Dulu pernah punya resepnya, tapi raib bersama MP (multiply) dimana alamat MPku : din2902.multiply.com.. Ayooo yang merasa dulu pernah akrab denganku di MP ngacunggg!!! *kangen teman2 MP hiks*

Banyaknya permintaan akan resep Terang Bulan ini sungguh membuat aku kepikiran, susah tidur (serius) dan tertantang, pasalnya dulu pernah kok punya resepnya, iya yang raib bersama MP itu *tragis*, benernya banyak sekali resep2 bagus hasil eksekusi sendiri di MP, tapi… yah sudahlah *hela napas*, MP raib tanpa jejak… namanya juga gratisan, maklum kaleee hahaha…Sebenernya kalau janji bikinin resepnya lagi tuh yang paling banget teringat ya Mbak Uti Brata, kepada beliau-lah aku berjanji, dan sekarang lega sudah dilunasi ya Mbakk πŸ˜€

Sebenarnya yang paling membebani aku karena banyak email maupun komen yang masuk, mengatakan ingin memulai bisnis Terang Bulan ini untuk nafkah keluarga *hiks, brebes mili, berkaca2*… Semoga resep ini bermanfaat ya…

Di sela2 kesibukan yang lagi melanda diriku (halah! Biasanya pengangguran kok :D), kusempat2kan eksekusi lagi, dengan menimbang2 ulang komposisi yang pas, dan mencicipi (sampe bobot naik banyak sekaleeee *alibi*), akhirnya.. yeayyy!!! Kutemukan formulasi yang bener2 sama dengan Terang Bulan Mini-ku dahulu…

Oh ya maybe pada bingung kok Terang Bulan sih? Apa bedanya ama Martabak Manis?

Nah gini loh, berhubung aku ini orang Malang, di sana Martabak Manis itu ga ada, yang ada Terang Bulan namanya, mereka itu sama kok, cuman beda istilah menyesuaikan dengan daerah masing2. Kalau Martabak itu maksudnya Martabak telur yang gurih asin itu… Di Malang biasanya duluuu aku beli Terang Bulan dan Martabak Holland, sekarang banyak sekali brand yang sudah inovatif mengalahkan Holland πŸ™‚

Well, udah jelas yah mengenai istilah Terang Bulan vs Martabak Manis, mereka sama πŸ˜€

Oh ya, dulu pernah iseng2 ikut Bazaar di kantor Walikota Jaksel dan juga di kantor Pertanian, ampun2 dah, yang antri beli Terang Bulan iniΒ  banyak banget, sampe grogi diliatin hahahaha…. pengen sih kapan2 ikutan lagi Bazaarnya, tapi lagi menyiapkan nyali untuk menghadapi kaki gempor berdiri dari pagi sampe sore, manggang ini Terang Bulan, gimana engga, wong yang antri ga ada jedahnya :))

Siapa tau jadi ide bisnis, tinggal kreatif aja kasih topping2nya.. Well done!

Yukk dieksekusi resepnya πŸ™‚ Semangat ya…Β  Practise makes perfect πŸ˜‰

 

Bahan2nya sangat sederhana kok, mudah sekali didapatkan πŸ™‚

TERANG BULAN-0794

Terang Bulan aka Martabak Manis by : Diana Cahya

  • Lama persiapan: 90
  • Lama memasak: 10
  • Jumlah porsi: 15

Bahan-bahan

250 gr Tepung Terigu

1 butir kuning telur

1/2 sdt garam halus

70 gr gula pasir

350 cc air matang / susu cair

1/4 sdt vanili bubuk

1/2 sdt soda kue

Cara pengolahan

– Aduk semua bahan jadi satu, kecuali soda kue dimasukkan saat adonan mau dipanggang.

TERANG BULAN-0800

– Mixer adonan sampe tercampur rata

TERANG BULAN-0802

– Diamkan selama 1 jam

TERANG BULAN-0807

– Panaskan panggangan, masukkan soda kue ke adonan, aduk2 adonan.

– Tuang adonan ke dalam panggangan (saya pakai panggangan terang bulan mini), lalu tekan adonan dalam panggangan dengan punggung sendok hingga terbentuk pinggiran tipis di sisi pinggirnya.

– Tunggu sampai adonan berlubang2, tabur gula pasir sesuai selera. Tutup panggangan.

TERANG BULAN-0815

 

TERANG BULAN-0817

 

TERANG BULAN-0819

TERANG BULAN-0830

 

TERANG BULAN-0831

– Panggang hingga matang.

TERANG BULAN-0834

– Angkat dari panggangan, olesi mentega, lalu beri topping sesuai selera.

– Hasilnya, bagian bawah Terang Bulan mulus sempurna dan textur bersarang sempurna.

Selamat mencoba πŸ™‚

Jangan lupa laporannya yaa ^^

 

TERANG BULAN-0837

 

TERANG BULAN-0850

Tips

Tips penting nih :

1. Pastikan panggangan yang dipakai berbahan tebal, agar panas merata.

2. Pemakaian wajan teflon bisa dilakukan untuk memanggang, hanya saja hasilnya tidak maksimal, karena api lebih cepat memanas sebelum sarang terang bulan terbentuk sempurna.

3. Pastikan soda kue yang dipakai masih segar, cara tesnya adalah dengan menuang 1 sdt soda kue ke dalam 1 sdm cuka, apabila berbuih dan berbusa, berarti soda kue masih segar dan siap digunakan.

4. Gula Pasir ditaburkan saat adonan di panggangan sudah membentuk lubang2 sempurna namun belum matang (masih basah permukaannya), agar gula pasir bisa ikut mencair bersama adonan.

 

Posted in Resep

   

142 responses

  1. Uti Brata posted on April 30, 2014 at 12:58 pm

    Thanks banget ya Din… tau sekarang rahasianya.. penggorengan ditutup kalau dah keluar bolong2nya ya… selama ini langsung aku tutup makanya ga gitu bagus hasilnya…

    Coba aah secepatnya….

    Reply

    diana

    Iyah Mbak Uti, semoga bermanfaat yah Mbak..

    Ditunggu laporannya loh ^^

    Reply

  2. Sisca posted on April 30, 2014 at 2:13 pm

    Wah, ini yg saya tunggu2. Sdh punya cetakannya lho, persis di gambar. Lha wong sdh beli dari mbak. He..he///

    Reply

    diana

    Hihihihi…. iya monggo dipraktekkan, ditunggu laporannya yahh ^^

    Reply

    Sisca

    Mau kasih laporan nih. Sdh saya coba dan berhasil, walaupun lubang2 nggak sebanyak punya Din. Seratnya juga banyak, tapi … seratnya besar2 ya. Kalau saya biasanya beli Martabak Manis Bangka atau Holden (bukan Holland), seratnya lebih halus dan lebih menul2. Apa beda resep? Terima kasih.
    Sisca – Surabaya

    Reply

    diana

    Thanks before atas laporannya, very appreciate it.

    Untuk hasil serat besar2 mungkin kurang pengocokannya, selama ini kita menggunakan resep ini dan banyak dipakai orang utk berjualan. Serat sehalus apa yang Anda maksud? Apa serat seperti bika ambon? tentu beda.

    Kalau tentang Martabak Manis Bangka atau Holden yang Anda maksud, ada yang jual resepnya di kaskus kalau ga salah 2 juta, coba di googling, mungkin bisa coba beli resepnya dan uji coba, nanti laporannya kita tunggu, karena jujur kita belum pernah mencoba resep mereka, karena kita tidak pernah membeli resep sebelumnya.. Siapa tau Mbak Siska nanti mau bagi2 resepnya ke kita semua di sini? cihuuyyy barokah deh Mbak ntar hihihihi πŸ™‚

    Sukses dan semangat terus ya bakingnya, practise makes perfect πŸ™‚

  3. Re posted on May 2, 2014 at 12:32 pm

    Siang Ce Diana. Da nyoba resep diatas. Mks ya da sharing resep martabak manis. Alhamd berhasil…bawah mulus+sarangnya keluar semua. Aq bkin versi mini kaya pny Cece, cma yg jd pertanyaan knp kulit martabak manisnya kalo da dingin jd liat ya padahal begitu diangkat langsung dioles wysman. Cairan da q coba ganti pake santan ato air susu tp tetep liat..ampe mabuk martabak manis. Pny Cece kulite liat tdk? Da saran tdk Ce? Mks ya Ce

    Reply

    diana

    Wow, liat? apa itu ya? alot?

    Punya saya empuk dan selalu jadi Hot Buy waktu ikut bazaar dulu, nda pernah liat / alot… Kurang pengocokan kali, atau kebanyakan soda kue?

    Duh maap, soalnya ga pernah ngalami yang begitu sih πŸ™

    Reply

  4. Susi posted on May 18, 2014 at 2:37 pm

    Wahh maaf baru sempat laporan nih sis Din, thanxs bgt sdh share resep martabaknya.. saya cocok bgt dgn resepnya sis..

    Minggu kmrn smpat ikut bazaar bbrp kali dan saya jual mini martabak pakai resepnya mbak Din..dan ternyata respondnya sgt positif sis.. smpai rela antri loh hahahaha.. *semangat*

    Anak2 di rumah juga pada demen banget, ga kalah kok ama Holland, swear πŸ™‚ malah ini lebih terjamin kebersihan dan bahan2nya, juga lebih irittt hihihi… Ga pernah jajan martabak manis lagi deh, alias bikin sendiri πŸ˜›

    Semoga jd berkah buat yg lain juga yah..

    Reply

    diana

    Hai Mbak Susi,

    senang sekali kalau resep dari eksekusi berkali2 dari kita ini ternyata membuahkan hasil πŸ™‚

    Sukses yaaaa

    Reply

  5. Nilam cahya posted on May 20, 2014 at 11:13 am

    Wahh banyak yg sudah coba ternyata yaa mbak, saya juga ngga mau kalaah ahh…
    heehehe
    Nanti laporan pasti laporan sama mbk diana cahya πŸ˜€

    Reply

    diana

    Ayooo dicoba Mbak, ditunggu ya laporannya, kalau ada foto2nya bisa langsung email ke admin kita di din2902@yahoo.com

    Sukses ^^

    Reply

  6. Sisca posted on May 21, 2014 at 9:53 am

    Lain kali saya lebih perhatikan pengocokannya. Terima kasih.
    Sisca – Surabaya

    Reply

    diana

    Oh ya untuk Martabak Bangka itu ada penambahan Ragi dan cairan menggunakan Santan, bisa dicoba kalau mau. Sukses yaaa ^^

    Reply

    Sisca

    O… begitu ya. Saya akan coba lain kali. Terima kasih ilmunya.
    Sisca – Surabaya

    Reply

    diana

    Sippppp Mbak Sisca, ditunggu laporannya yaaa πŸ™‚

  7. edwin posted on May 23, 2014 at 9:40 pm

    cihuuyy… kamsia ce buat resepnya. saya udah coba sendiri, padahal saya bener2 newbie soal masak-memasak. hasil panggangan pertama ya rada hancur penampilannya, lama2 pas adonan mau habis, makin ciamik hasilnya. besoknya, mama saya coba makan, dan langsung minta bagi resepnya buat dibikin pas arisan di rumah. thanks ce buat resepnya, ditunggu lagi resep2 selanjutnya.

    Reply

    diana

    Huaaaahhhh suenengnyaaaa dirikuu…. Thank you ya laporannya, ikut happyy sekali πŸ™‚

    Reply

  8. harni posted on May 26, 2014 at 9:22 pm

    harga panggangan buat terang bulan mini berapa sist

    Reply

    diana

    Cek email ya

    Reply

  9. iha posted on June 1, 2014 at 7:30 pm

    Kalo ga pakai soda kue, bisa diganti apa ya mbak?

    Reply

    diana

    Mbak Iha, soda kue adalah hal yang mutlak dibutuhkan pada resep ini, jadi belum bisa digantikan. Kalau kebetulan di rumah tidak ada soda kue, bisa digantikan baking powder πŸ™‚

    Reply

  10. Hafni posted on June 18, 2014 at 5:07 am

    Kepingin coba segera, belum pernah sukses bikinnya πŸ™ mau nanya harga panggangan terang bulan mininya ya mba…terima kasih

    Reply

    diana

    cek email ya

    Reply

  11. Rika posted on June 26, 2014 at 12:22 am

    Mbakk..salam kenal ya..hrga panggangannya brp ya?slm ini bkin gk berhasil mb,srgnya kyk bantet gitu,gk keluar sarang2nya,pdhl dah bener.hikss..
    Ini pgn nyoba resepnya mb.makasih ya

    Reply

  12. niko posted on July 4, 2014 at 1:38 pm

    wah keren mbak, makasi resepnya hehe.

    btw soda kuenya bisa diganti baking powder ga?
    oiya ini resepnya bisa buat martabak yg besar jg kan?

    Reply

    diana

    Bisa untuk martabak besar kok…

    Soda kue boleh diganti Baking Powder tapi lubang2 sarangnya tidak sebanyak Soda Kue yah πŸ˜€

    Semangaat dan sukses ya

    Reply

  13. Resha posted on July 24, 2014 at 7:39 pm

    Kok hrs didiamkn sejam mb?kn ga isi baking powder..trus soda kuenya dkasi brp menit sblm adonan dituang mb…heee bnyk nanya..

    Reply

    diana

    Iya dong, harus didiamkan sejam dong, lebih lama juga lebih baik kok πŸ˜›

    Soda kue dituang saat mau panggang aja πŸ˜€

    Reply

  14. rhio posted on July 31, 2014 at 6:14 am

    ce,,wah tertarik ni ce..
    tlong diemailkan harga cetakan martabak mininya ce..
    kalau cetakan martabak untuk ukuran besar ade ce??klu ada emailkan juga ce..

    Reply

  15. dwi posted on August 1, 2014 at 6:48 am

    hrg panggangannya brp.y mba ?

    Reply

  16. dwi posted on August 1, 2014 at 1:59 pm

    hrg panggangannya brp mba ?

    Reply

  17. Sharen posted on August 6, 2014 at 10:36 am

    Ci mau nanya harga panggangannya brp ya? Tq hehe

    Reply

    diana

    thankies darling :*

    hasil jaman jadul pas awal2 gaya bikin ginian hahahaa

    Reply

  18. Evy posted on August 13, 2014 at 10:31 am

    ce din..minta harga cetakan martabak mini dong? thx ^^

    Reply

  19. icha posted on August 18, 2014 at 4:24 pm

    Hi ci, salam kenal.
    Dah dipraktekin resepnya. Aku pake happy c*ll krn ga pny panggangan ky cici pny. Hehe. Tp kok jdnya krg bersarang ya ci. Pdhl baking soda nya baru jg.. cm pas dimakan sih ok2 aja, hehe..
    Sinful bgt full mentega, susu kental manis dan keju tebel, nyammm.. πŸ™‚ berhubung di sg sini susah cr martabak manis ala indo jd seneng bgt dpt resepnya, hehehe

    Reply

  20. Ratna posted on August 18, 2014 at 7:54 pm

    Harga pukis maker ama martabak mininya brp, mbak?

    Reply

  21. vicha posted on August 19, 2014 at 6:20 am

    Mb sya udh sering bikin terang bulan tp yg pake ragi dan hasilnya sll oke tp di rasa sll ada kyk rasa raginya. Nah tiap saya cb bkin yg tanpa ragi trmsuk resep mbak knpa ya kok sarangnya cm dikit n bhkn gk ada dan pas mateng texturenya alot. Knpa ya mb?tlg pncrhannya terimakasih πŸ™‚

    Reply

  22. ruri posted on August 24, 2014 at 12:14 pm

    harga panggangannya brp mba? merk apa ya? bisa beli dmn? tq ya

    Reply

  23. Samhadi posted on August 27, 2014 at 2:53 pm

    mbak kalau mau beli tempat panggangx berp soalx d tempat saya ngak ad

    Reply

  24. Reni posted on August 29, 2014 at 7:46 am

    Mba Din, ijin copy resep ya. Oya harga cetakan martabak manis nya berapa ya ?

    Reply

  25. ita posted on September 3, 2014 at 8:47 am

    q udah pernah coba beberapa kali cuman rasanya selalu da pahit, q bingung pa ya yang membuat pahit? padahal soda kue, vanilinya udah sesuai dengan takaran, mohon masukannya… terima kasih…

    Reply

  26. vicha posted on September 8, 2014 at 6:52 pm

    Your comment is awaiting moderation.
    Mb sya udh sering bikin terang bulan tp yg pake ragi dan hasilnya sll oke tp di rasa sll ada kyk rasa raginya. Nah tiap saya cb bkin yg tanpa ragi trmsuk resep mbak knpa ya kok sarangnya cm dikit n bhkn gk ada dan pas mateng texturenya alot. Knpa ya mb?tlg pncrhannya terimakasihΒ πŸ™‚

    Reply

  27. Toto posted on September 18, 2014 at 9:29 am

    ci, mau tanya kalo mksdny pake santan itu pengganti susu cair/air bukan ya?
    tenkiuuu

    Reply

  28. lelyfuady posted on September 22, 2014 at 6:52 pm

    mbak din aku udah nyobain resepnya,allhamdulillah langsung jd.cuman aku tambahin sedikit fermipan biar ngembang dikit.thanks ya resepnya dari dulu ngak pernah jd klu buat.seneng bingitsss

    Reply

  29. vivi posted on October 6, 2014 at 8:05 pm

    Mba,mau nanya harga cetakan nya ya..

    Reply

  30. icha posted on October 6, 2014 at 9:08 pm

    mb diana itu d mixer ny pake yg high atw yg low speed ?
    trus kalo d mix pake wishker bisa g ?
    terima kasih sebelumny πŸ™‚

    Reply

  31. elly posted on October 14, 2014 at 7:09 pm

    Hi Dina, km domisili dimana? Hrg cetakan terang bulan nya brpan? Tq.

    Reply

  32. kasih posted on October 20, 2014 at 2:16 pm

    berapaan mbak harga cetakannya?

    Reply

  33. vonny posted on October 21, 2014 at 8:16 am

    mbak diana jual loyang martabak mini nya gak? harganya berapa?

    Reply

Leave a Comment





*