Macarons by diana on 6 August 2014 6 Comments

Jujur banget, akhir2 ini sibuknya ga ketulungan, bukannya sok sibuk ya, tapi bener2 sibuk sekali, sehingga web aja jarang diupdate, tapi gpp, pagi ini nyempetin diri update web dulu, biar yang gemar main ke sini ga boring hahaha (maap yaaa:*)

Sebenarnya Macarons ini udah lama aku buat, dan sudah banyak yang mencoba dan sukses, resepnya ada di FB Diana Cahya sih, tapi banyak banget yang nagih untuk diposting di web aja, nah hari ini sudah lunas ya hutang2 saya bagi yang minta resep Macarons utk diposting di web 😀

Ok, langsung aja deh, yang penasaran dengan pembuatan MACARONS, boleh disimak yang ini deh :), emang rada tricky dan manja banget ini adonan macarons, kalau gagal jangan kecil hati yah… tapi selama ini resep ini yang paling mudah dan 90% berhasil, semangat dan pantang menyerah yah!

 

M
Tekhnik pembuatan Macarons ada 3 macam :
1. French Meringue
2. Swiss Meringue
3. Italian Meringue

Saya sudah mencoba membuat dengan 2 tekhnik yaitu : French Meringue dan Italian Meringue, untuk Swiss Meringue belum sempat eksekusi . Untuk metode paling mudah dan simpel menggunakan French Meringue,sayangnya menurut saya adonan kurang stabil, lebih cepat meleber, jadi pengerjaan harus lebih hati2. Saya pribadi lebih suka dengan metode Italian Meringue, walaupun lebih ribet krn kita harus membuat sirop gula terlebih dahulu sambi mengocok putih telur, tapi adonan lebih stabil.

Ini resep Macarons yang saya buat :

Metode Italian Meringue
Penulis : Diana Cahya

Bahan A :
15 gr Putih Telur

Bahan B :
40 gr Almond Bubuk
40 gr Gula Halus kualitas premium
Blender Bahan B dan saring

Bahan C :
40 gr Gula Pasir
10 gr Air
Didihkan Bahan C sampai 116 derajat Celcius

Bahan D :
20 gr Putih Telur, kocok setengah mengembang

How To :
– Campur Bahan A dan B, sisihkan.
– Campur Bahan C ke bahan D sambil terus dikocok hingga mengembang, lalu tuang ke campuran Bahan A dan B.
– Masukkan adonan ke plastik segitiga, spuitkan ke loyang yang sudah dialasi dengan baking sheet atau silpat.
– Biarkan sampai permukaan mengeras, tergantung suhu masing2 ruangan ya.
– Oven selama 20 menit – 25 menit dengan suhu 140 derajat Celcius.

Tekstur Macarons : crispy di luar dan chewy di dalam, rasanya emang manis, bisa disiasati dengan memberi filling yang tidak terlalu manis, sehingga rasanya pas.

 

Posted in Resep