Classic Rainbow Cake by diana on 26 August 2012 4 Comments

RAINBOW CAKE STAND

Tidak kusangka dan tidak pernah aku bayangkan, ternyata aku bikin juga yang cake cantik menawan ini. Liat aja udah kerasa ribetnya, huuuuhhh 6 warna pelangi, bayangkan oven tangkringku, yang hanya muat 1 cake, ini mau buat 6 warna, kebayang bagaimana capek-nya, tapiiii ternyata gara2 nih NCC Rainbow Weeks aku buat 7 warna, soalnya waktu SD aku inget Guru ajarin warna pelangi ada 7 (mejikuhibiniu) bukan 6 warna. Ya udah, nekat dah buat, supaya penasaran terobati hehehehe…

Cerita dikit neh tentang kisah serunya bikin “Classic Rainbow Cake” ini… Awalnya nyontek resep orang di internet, keliatannya cantik bangetttt, contoh persis plek, dan hasilnya … uhmmm aku kurang puas gitu hehehe… Akhirnya cepet2 beli telur ke Giant, beli 2 kg sekaligus mana harga telur masih 17rb-an/kg, bikin deg2an, takutnya hasilnya ga memuaskan lagi. Akhirnya dengan resep dari Ibunda tercinta, buatlah cake dengan telur yang lumayan banyak sih menurutku, hasilnya yummmm puassss… uenakkk… lembutt.. ga blenek, pokoknya pas pas pas buat aku.

Selesai masalah cake-nya, nah ke frosting neh, pas bikin frosting nih pake pengaduk manual, abisnya hand mixer-ku abis jatuh, dan belum bisa digunakan, duuuhhh kok ya baru inget sekarang kalau hand mixerku belum diservis lantaran masih pada tutup service centre-nya kena libur lebaran. Ya terpaksa deh kocok manual, lumayan cape juga yah… tapi tetap semangat, pokoknya malem ini (eits ini dah subuh jam 2 pagi saat aku nulis laporan ini) diriku harus sudah email laporan ke para host Rainbow Weeks yang cantik, baik hati dan tidak sombong… ceileeehhh… *ting*

Proses Frosting dilakukan dengan cepat, karena tema-ku “Classic” Rainbow Cake, jadi kesannya agak amburadul, ga rapi2, tapi terkesan glamour. Susah juga loh frostingnya, apalagi sesuai keinginanku, kalau di model rambut namanya model acak2an gitu, kayak rambut para boyband itu loh hehehe…

Setelah proses frosting selesai, siap2 mau motret nih cake, deg2an pas motong, takutnya dalemnya ga rapih, eehhh pas dipotong, aku langsung jatuh cinta, dan loncat kegirangan (beneran loncat loh ini), hasilnya cantikkkkk bangettt… aduhh terharu, ga sia2 ngerjain dari pagi sampe malem. Cepet2 ambil camera, naluri jepret langsung berkobar2, pasang peralatan motret, lah kok baterai flash abis, huaaa udah jam 10 malam, buru2 tancap gas menuju Alfamart, beli baterai Alkaline, buru2 pulang, dan memulai sesi pemotretan Cake cantikku ini.. Baru mau jepret, eehh Flashnya ga idup hiks… ternyata dalemnya karatan, adooohh ada2 ajaaa yaakk… lap2 dengan alcohol, hiks melas banget dah malam itu.. tak terlupakan pokoknya, heboh!! Akhirnya nyala juga nih Flash….

Singkat cerita, jadilah sesi pemotretan yang berjalan mulus dan hasilnya cukup melegakan hati. Hilang semua penat dari pagi sampe sore, dari adonin cake sampe cuci2 mangkok 7 warna, semoga host juga puas dengan kreasiku kali ini ya, ini udah resep ke-5 yang aku setor, masih ada 3 lagi yang di angan2, semoga terlaksana dengan baik… *sambil mikir2 lagi ide yang unik2*

Setelah sesi pemotretan, dan cake sudah dibedah sana sini, tergiur juga nih untuk ngicip dan rasanya wowww… enakkkk loh, bener,swear, ga eneg. Pokoknya intinya kalau bikin cake yang cantik ini jangan setengah2, pakai bahan premium, sayang kalau cake-nya cantik, rasanya kurang memuaskan. Dan 1 lagi, sebenarnya bikin Rainbow Cake itu cepet kok, asalkan ada Oven yang lumayan memadai, jangan pakai Oven tangkring kayak punyaku, bisa mabokkkk kalau disuruh buat lagi, apalagi kalau ada pesanan yang berjibun hehehehe….

Yuk yuk disimak resepnya yaa…

Classic Rainbow Cake Diana Cahya

Bahan-bahan

Bahan Cake

  • 100 gr margarine + 25 gr Orchid Butter, cairkan
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdm cake emulsifier
  • ½ sdt garam
  • 15 kuning telur
  • 10 putih telur
  • 50 gr tepung maizena
  • 150 gr tepung terigu segitiga
  • 20 gr susu bubuk
  • 1 sdt vanilla bubuk
  • Pewarna merk CROSS : merah, jingga (oranye), kuning, hijau, biru, nila (merah muda), ungu (mejikuhibiniu / 7 warna pelangi)
  • 7 loyang bulat diameter 14 cm

Bahan Frosting Cream

  • 80 gr Unsalted Butter
  • 350 gr Cream Cheese
  • 400 ml Whip Cream dingin
  • 100 ml gula cair (bisa beli jadi merk Rose Brand)

Kocok semua bahan frosting hingga kaku. Masukkan ke dalam kulkas.

Cara pengolahan

Cake

  1. Aduk gula, emulsifier, garam, gula, telur dengan mixer kecepatan tinggi sampai warna pucat dan mengembang. Matikan mixer.
  2. Masukkan tepung maizena, terigu, susu bubuk, vanila bubuk, aduk adonan dengan spatula perlahan2, jangan terlalu kencang mengaduknya.
  3. Terakhir masukkan mentega cair. Aduk rata.
  4. Bagi adonan menjadi 7 bagian sama, beri pewarna sesuai selera, resepku pakai 7 tetes perwarna.
  5. Olesi Loyang dengan margarine, lalu tutup dengan kertas roti, tuang adonan ke dalam Loyang, dan oven selama kurang lebih 20 menit dengan suku 190 derajat Celcius.
  6. Keluarkan adonan cake yang sudah matang dari Loyang, dan dinginkan, persiapan untuk frosting.

Frosting

Tumpuk Cake ke atas menjadi 7 layer, olesi tiap layer dengan frosting cream sebelum menumpuk dengan cake yang lain, olesi semua cake hingga tertutup dengan frosting cream. Masukkan ke dalam freezer selama 30 menit, cake siap dipotong dan dihidangkan.

Mudah kan? Ga seribet yang dibayangkan ternyata hehehe… Thanks for NCC Rainbow Weeks yang menjadikan motivasi terbesarku dalam membuat Classic Rainbow Cake ini. Sekarang sudah jam 3 pagi, waktunya istirahat deh, besok lanjut dengan ide2 Rainbow lainnya, masih ada waktu sampai tgl 13 September kan hehehehe….

Salam Pelangi penuh makna…

Note

Kreasiku yang ini juga lolos masuk blog NCCRW, senangnyaaaa…. makasih Ibu Host Trio Pelangi :*

Posted in Resep