Vegan Meat / Seitan Making by diana on 13 March 2014 7 Comments

Wah wah wahhh… ternyata banyak bangetttttt ngettt resep2 yang bermanfaat belum aku share di sini, ck ck ck, baru ngeh pas bingung mau bikin Vegan Meat, cari2 di web aku ini kok ga nongol, yaeelahh ternyata udah dari tahun lalu dibuat, tapi ga diposting di web ini, tapi di FB doang, syukurin deh pas butuh resepnya lupa ditaruh dimana, padahal biasanya tinggal search di web ini. Tapi inget bangettt udah pernah bikin kok, ehh ternyata cuman posting di FB doang… waaaaaalahhh….

Tuh, keliatan kan udah pernah posting di Agustus 2013 (liat gambar di bawah ini), terlaluuuu :))

Untitled-1

Tapi, cihuyyy akhirnya kutemukan cara pembuatannya (walau udah dr tahun lalu lupa diposting di web), pasalnya ada temen yang vegetarian, dia pengen bangeeettt alias ngidam pengen dibuatin Vegan Risoles…

Caranya sangat mudah, tapi takaran dikira2 ya, soalnya kelembaban tepung itu beda2…

Yang masih bingung apa sih Vegan Meat atau disebut juga Seitan ?

Well, Vegan Meat adalah daging tiruan yang terbuat dari tepung protein tinggi yang dihilangkan pati-nya untuk diambil gluten-nya dengan cara dibilas berulang2 sampai air rendaman bening dan textur spt karet. Bisa diolah menjadi berbagai masakan utk menggantikan fungsi daging.

Harga daging mahal tapi pengen bikin olahan masakan dengan daging? Bikin aja Vegan Meat alias daging tiruan dari Tepung yang dihilangkan pati-nya, mudah banget, texturnya chewy dan seperti tahu. Setelah dibumbui hasilnya enak juga kok , lain kali mau bikin dengan metode lain utk mendptkan textur lebih padat.. *semoga terlaksana :D*

Vegan Meat / Seitan by Diana Cahya

Bahan-bahan

– Tepung protein tinggi , secukupnya

– Air, secukupnya

– Garam (optional)

Cara pengolahan

– Tepung protein tinggi diuleni dengan air sedikit demi sedikit hingga tidak lengket di tangan. Lalu diamkan 30 menit, kemudian rendam semalaman di air bersih.

– Besoknya cuci bersih , remas2 dan tekan2 di atas saringan hingga air bilasan bersih (bening).

– Rebus di dalam kaldu atau air yang sudah dibumbui sesuai selera

– Potong2, siap diolah menjadi berbagai macam masakan

2

Ini beberapa masakan dari Vegan Meat 🙂

Ini hasil dari Daging Tiruan, maksudnya mau bikin sate, krn malas nusukin, jadilah tanpa tusuk sate, setelah dibumbui tinggal panggang pake double pan, rasanya mantap dimakan dgn nasi hangat.

VEGAN SATAY

3

Tidak ada yang menyangka kalau Risoles ini tidak mengandung daging, melainkan menggunakan Daging Tiruan alias Gluten.

VEGAN RISOLES

4

Posted in Resep