Kue Sus Mini by diana on 14 October 2011 13 Comments

hmmm lama ga ngeblog, jadi kangen juga πŸ˜€ semoga awet deh kangennya dengan rajin ngeblog lagi hiks…

Hobi masak semakin merajalela setelah diriku tinggal di rumah sendiri, ga campur lagi ama nyokab, soalnya kalau di rumah, dapur dikuasai 1 ratu aja (of course lah mami ratu dapur rumah *LOL*).. Di rumah sendiri semua2 suka2, mau kotor, mau gosong, mau belepotan ga ada yang ngurus, asalkan persiapkan punggung bongkok utk bersih2, itung2 olahraga lah hehehe *menghibur diri*

Well, masak memasak emang hobi udah lama, tapi semua itu jelaslah inspirasi dari Ibunda tercinta, MAMI gue yang selalu jadi angel penyelamat di kala diriku bingung menghadapi resep yang gatot (masya alaaahhhhh aib bener hiks)…

Tak bisa dipungkiri, MAMI adalah chef terhandal bagiku sekaligus inspirasi buat gue deh (jadi inget film “JULIE and JULIA” dimana inspirasinya adalah Julia Child hehehe, kalau gue bukan terinspirasi oleh koki2 handal dunia spt “Julia Child” tapi MAMI gue sendiri yeeeeee yeyeyeye hidup MAMI hmuahh :*Β  ),walau cara yg beliau pake emang kuno, tapi it’s safe my recipes πŸ˜€ πŸ˜€ :D, bagai main cooking mama di Nintendo Wii, kalau selagi masak, sms mami /telp mami tanya solusi kesulitan yang di hadapi… ehhh tapi diriku pernah juga membebaskan mami dari kutukan bolkus kuncup loh hahahahaha….

Sekedar pengakuan diri neh, buat sus udah 2x gagal, ini yangke 3x nya dah Puji Tuhan, berhasil, so far gue puas, dan enak banged sih menurut gue *narsis* πŸ™‚ ,mami pernah sms : “Gpp Din kalau sus gagal , tapi bolkus ga pernah gagal” …ahhh mami selalu memberi semangat… tapi gue ga mau lebay (hiks) berjuang terus sampe jadi πŸ˜€

Dan inilah hasilnya… tadaaaaa!!!! jrennggg πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€ *bangga* (sambil ngelap peluh, maklum pake oven kompor odong2 jadi panasnya ampuuunn dahhhh hahahaha)

SUS MINI VLA

HAHAHAHAHA karena puas dengan bentuk dan rasanya, keluarlah naluri tukang foto yang sudah lama dipendam (keenakan motret pake BB tinggal upload FB beres), cepat2 ambil kamera CANON 5D Mark II yang lumayan lama nginep di lemari kamera, saking malesnya pake, beratttt… hiks… dengan Canon EF 24-70mm Lens dan bantuan cahaya matahari dari jendela dapur, jadilah gambar pas2an menurutku yang jauuhhh dari sempurna hiks… (dasar photographer amatiran hiksss yang bergaya pake kamera mahal… nasibbbb)

Well, karena rasanya enak dan bentuknya lumayan cantekkk, maka rela hati aku bagikan RESEPnya, sapa tau ada yang minat buat… tapi tips nya oven harus puanas yaaaa… ntar gagal 2x kayak gue… oven harus suhu 200 derajad Celcius, karena Oven gue odong2 alias yang di kompor, maka kompor gue puter max… cuek bau angus seng nya oven =)) hahahaha… kata mami biasa bau begitu (pdhal serumah udah sesak napas kalau jendela ga dibuka, maklum dapur mami kan terbuka, pantes aja ga terganggu dengan bau angus seng oven kompor halah!!!)

Inilah resep original dari Mami, tidak menyadur darimana2 ya, ini bener2 ori ori ori, yang posting resep ini tolong ijin atau kasih link web ini ya, kasian ntar resep Mami gue yang udah dibagi gratis hilang copyrightnya hiks…. Melanggar UU No.19/2002 pencurian hak kekayaan intelektual (source :Hak Cipta), bisa dikenai hukuman kurungan dan denda hingga 5 milyar lohhh… seremm…

Selamat mencoba ya, asli enak kok dan lebih higienis, karena apa yang kita buat sendiri, kita tau dari A-Z, lebih jelas daripada beli di luaran.

BON APETIT πŸ˜€

hmmm ini pengakuan aib deh, ga enak kalau ga ditampilin, ini 2x sus yang aku buat gagal total padahal resepnya udah persis plek tanpa kesalahan hiks.. ternyata ya itu kesalahan dari oven kurang panas, paling enak pake oven yang ada petunjuk suhunya :D… Ini penampakan sus gepeng diambil dengan kamera BB, hiks…:(

Setelah suhu bener2 panas, percobaan ke 3x akhirnya berhasil (fiuh!!!) yeeeaaaaahhhh senangnyaaaa…. Jepret lagi pake BB πŸ™‚

Kue Sus Mini

Bahan-bahan

Bahan kulit sus

  • 100 gr mentega
  • 100 gr tepung terigu
  • 1 gelas blimbing air (ga ada takaran khusus, begitulah orang kuno menakar πŸ˜€ πŸ˜€ :D)
  • Garam 1/2 (setengah) sdt / secukupnya

Bahan Vla

  • Susu cair putih (aku pake non fat)
  • Gula secukupnya
  • Maizena secukupnya

Cara pengolahan

Kulit sus

  1. Masukkan mentega ke panci dan silakan dididihkan di kompor, sampe bener2 mendidih, lalu kecilkan api, lalu masukkan 100 gr tepung terigu segitiga (gue pake cakra, kebiasaan ngawur =)) hahaha seadanya tepung) sedikit demi sedikit, aduk hingga kalis (tidak menempel di panci). Biarkan dingin.
  2. Setelah dingin bener ya, tambahkan 4 butir telur, masukkan satu persatu dan aduk sampe tercampur rata (gue pake mixer, capeeee ngaduk manual).
  3. Adonan siap dibentuk di atas loyang, biasanya mami pake sendok, spt buat bakso, kalau aku pake spluit dimasukkan ke plastik segitiga terus pencet dehΒ crroottt … mudah tapi belepotan ribettttΒ  ihh… tapi cantik deh drpd punya mami wek… (ga mau kalah hahahaha)

Vla

Campur gula dan susu dan didihkan di atas kompor, ambil sedikit campuran tsb dan aduk dengan tepung maizena secukupnya, lalu masukkan kembail ke campuran gula dan susu yang mendidih tsb, adonan akan mengental dan jadilah vla. Tambahkan Room Jamaica bila suka.

Posted in Resep