Roti Tawar Gandum by diana on 1 August 2012 16 Comments

Awalnya sih malasss banget buat Roti Tawar Gandum, lah di toko bakery banyak jual, ngapain susah2 buat…

Tapi demi adik di Bali si Sisca, yang katanya gatot kalau bikin roti gandum, jadi penasaran dan ga terima, berani bener neh adonan mempermainkan adik gue!!

Mulailah hari ini dengan penasaran tingkat tinggi beli loyang khusus roti tawar, dan mulailah mempersiapkan adonan dannnn tak lupa memasang camera dengan mode video utk merekam.. duh mudah2an ga bantat / gatot kayak nasib adik gue…

Setelah mengadon, mengistirahatkan adonan, lalu meng-oven (masih dengan oven tangkring hiks.. nasibbb).. dan ini lah hasilnyaaa…. * Mohon maap sebelumnya gambar tidak maksimal karena diambil dari kamera HP *

1

2

Ternyata sukses banget, rasanya pengen jitak nih adik, ngomel2 gatot 4x , wong bikinnya guampang banget… huh!!

Hikmahnya, ternyata bikin roti tawar gandum sendiri lebih asik, bersih, terjamin ingredients-nya dan kepuasan sendiri bisa ngeledek adik =)) hhahahaa… dianya ngiri katanya ๐Ÿ˜›

Dan ini resep yang aku dapat dari adikku tsb, yang mau buat boleh disimak ๐Ÿ™‚

step

Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Roti Tawar Gandum

  • Jumlah porsi: 1 loyang loaf

Bahan-bahan

  • 330 gram tepung gandum utuh (whole wheat) –> aku pakai 375 gram
  • 220 ml air hangat
  • 50 ml susu cair
  • 6 sendok makan minyak zaitun
  • 1 1/2 sendok teh garam halus
  • 2 sendok teh ragi instan, pastikan masih fresh dan cek tanggal kedaluarsa
  • 6 sendok makan madu atau bisa diganti dengan gula pasir

Cara pengolahan

Cara menggunakan metode aku ya

  1. Campur semua bahan, kecuali minyak dan garam dimasukkan setelah adonan setengah kalis :), karena garam itu tidak bisa ketemu fermipan secara langsung bisa ga ngembang adonannya hehehe…
  2. Setelah adonan kalis didiamkan 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x.
  3. Bentuk dan masukkan ke dalam loyang roti tawar (lihat gambar di atas yah).
  4. Oven 200 derajat Celcius sampai roti matang.
  5. Ciri2 Roti sudah matang, saat diketuk permukaannya berasa keras.
  6. Potong Roti saat dingin dengan pisau yang tajam.

Posted in Resep

   

16 responses

  1. Siscaisdeis posted on August 1, 2012 at 2:53 pm

    Ccku tersayang belan2in buat roti gandum untuk nunjukin cara buatnya,..
    Stress aku buat 4x gagal 5x
    Hari ini aq coba lagi ahhhh
    Iri akuuuuu

    Reply

  2. Metta posted on February 2, 2014 at 4:46 pm

    Hari ini testing mixer Bosch baru nihhhh, nyontek resep ini, woowwww…..kuintip dari balik kaca ovenan, roti tawarku tinggi menjulanggggggg

    Reply

    diana

    @Metta : wooooowwwwww… hahahaha menul2 yaa.. posting dong fotonya di sini ๐Ÿ˜€

    Reply

  3. Hani posted on February 13, 2014 at 9:37 pm

    Kl nggak pke mesin bisa nggak/manual aja

    Reply

    diana

    @ Hani : bisa kok ๐Ÿ™‚

    Reply

  4. Tuty Khoirunnisa posted on April 30, 2014 at 10:23 am

    Mbaku yang cantik, mau tanya apakah harus pke minyak zaitun? atau ada pengganti yang lain? Terima kasih

    Reply

    diana

    Hai Mbak Tuty,

    Tidak harus pake minyak zaitun kok, bisa diganti dengan minyak sayur biasa aja.. ๐Ÿ™‚

    Reply

  5. Nadia posted on August 19, 2014 at 11:59 am

    Mba, Tepung Gandumnya merek nya apa ya yang bagus?

    Reply

  6. Cathy posted on December 2, 2014 at 12:43 pm

    Kalo minyak diganti dgn margarin putih, apa hasilnya akan lebih bagus?
    Tepungnya cuma whole wheat aja yah. Ga dicampur sama tepung terigu?
    Kalo branwheat gmn?
    Maap nanyanya banyak.
    Thank u, mbak diana

    Reply

    diana

    Yup bisa aja kok, tepung murni whole wheat flour, kalau mau pake yang import banyak kok dan hasilnya lebih halussssssss ๐Ÿ™‚

    Reply

  7. Sofia izas posted on February 3, 2015 at 4:55 pm

    Cc mau tnyaa, kalau minyak nya diganti margarin biasa atau putih telur bisa ga ce? Kalau bisa diganti margarin gitu, takarannya kira2 brpa ya ce?
    Xiexie cc

    Reply

    diana

    Belum pernah nyoba yang menyimpang dari resep di atas, jadi belum tau jawabannya.

    Mungkin Mbak Sofia mau coba, kalau sukses tolong di share di sini yaaaa ๐Ÿ™‚

    Reply

  8. Thoha posted on September 2, 2015 at 11:12 am

    Nanya Mbak … itu susunya pakai susu apa yah? susu kedelai bisakah?

    Reply

    diana

    Bisa kok, monggo dicoba, jangan lupa laporannya yaaa ๐Ÿ˜€

    Reply

  9. diah yuli posted on January 12, 2016 at 10:16 pm

    salam kenal mbak. saya udah coba resepnya, enak+empuk, hanya agak kurang lama bakarnya, padahal lapisan atas udah keras+ coklat, tepatnya berapa lama ya mbak kalau bakar/ngoven roti tawar gandum spt ini. terimakasih

    Reply

    diana

    Hai, lama bake tergantung ovennya Mba, coba pake api bawah saja ya ๐Ÿ™‚

    Reply

Leave a Comment





*