Juicy Rainbow Rice by diana on 21 August 2012 24 Comments

JUICY RAINBOW RICE

Ini resep modifikasi aku yang ke-3, semoga lolos lagi ya masuk blog NCC Rainbow Weeks *doa*

Juicy Rainbow Rice

Kenapa resep ini dinamakan Juicy Rainbow Rice?
Trus ini pewarnanya pakai apa?

Begitu pertanyaan yang keluar dari Tante tercinta, yang notabene sangat memperhatikan gizi,kebersihan dan amannya makanan untuk keluarganya,khususnya untuk 2 anaknya yang masih berumur 7 tahun dan 10 tahun. Kebetulan kedua anak tanteku ini, yang notabene adalah sepupu2ku, sangat rentan terhadap makanan yang tidak sehat, entah diare-lah, muntaber-lah, jadiiii makanan yang dimakan harus bener2 terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Syukurlah selama makan masakan buatanku selalu aman2 aja,sehingga tante percaya banget kalau masakanku terbuat dari bahan2 yang aman hehehe….

Well, kembali ke topik kenapa resep ini aku beri nama Juicy Rainbow Rice, karena aku harus nge-jus ( mengambil sari warna) dari :

  • wortel untuk warna oranye
  • angkak untuk warna merah (bisa juga dengan buah bit loh)
  • pandan untuk warna hijau
  • kunyit untuk warna kuning
  • ubi ungu untuk warna ungu
  • bunga telang untuk warna biru

Dari 6 penghasil warna alami di atas, yang paling susah didapati adalah bunga telang, berhari2 menyusuri pedagang bunga, tanya sana sini, belum berhasil mendapatkan bunga telang ini, yang katanya berbunga tiap 6 minggu sekali… Suatu saat ketemu juga pohon bunga telang, sayangnya sudah kering dan bunga tidak ada..hikkks hikkksss sedih bangettt, tapi ga mau putus asa,tekad setor resep ke-3 ke NCC Rainbow Weeks tetap membara….*patriotisme banget yak…*

Ohhhh bunga telang dimanakah kau berada, aku membutuhkanmu untuk menghasilkan warna biru,daaaannnn ngoceh sana ngoceh sini, akhirnya dapeet dapeeettt, dapet info doang, hiks… Tp ga pasti lagi berbunga atau kagak… Langsung dah tancap gas, ngeeennnggg melaju ke slipi, di daerah Gang Along katanya ada 1 warga yang punya tanaman bunga telang, untunglah ada saudara yang tinggal di deket sana, dengan semangat membara langsung ke TKP, daaaannn bener ada bunga telang, karena itu malam hari, jadi susah juga manen nih bunga. Senang bangettt akhirnya dapet juga, kata Ibu yang punya tanaman tsb,bunga telang ini bagus dikasih air hangat, lalu diteteskan ke mata bayi, jadi mata bayi akan lebih sehat dan bersih. Konon sih ada orang yang sembuh kataraknya sehabis ditetesi air bunga telang tersebut.

Well pulang ke rumah sudah tengah malam, tapi tetep aja aku penasaran dengan warna biru bunga telang, langsung aku proses pembuatan nasi biru dengan pewarna dari sari bunga telang ini, dan aku cicipin, ternyata bunga telang tidak meninggalkan rasa maupun bau, hanya warna biru yang indahhhh…yeaaayyy senangggnyaaa…

Untuk rasa Juicy Rainbow Rice ini bagaimana? Tidak usah ditanya lagi deh, ludesss dess dess dalam sekejab, sepupu yang susah makan aja pake nambah hehehehe…

Langsung simak yuk resepnya, semua pewarna alami yaaa….

Juicy Rainbow Rice

Sebenarnya pembuatan sama seperti membuat nasi uduk, hanya saja airnya diganti dengan air berwarna dari hasil perasan sari2 tumbuhan.

Jamin deh keluarga akan senang menyantap hdangan cantik dan sehat ini. Selamat mencoba ya.. Bon Apetit…

Note

Girangnya hatikuuu dapet badge lagi nih, hihihihihi

Juicy Rainbow Rice

Bahan-bahan

Air Pewarna

  • wortel untuk warna oranye
  • angkak untuk warna merah (bisa juga dengan buah bit loh)
  • pandan untuk warna hijau
  • kunyit untuk warna kuning
  • ubi ungu untuk warna ungu
  • bunga telang untuk warna biru

Caranya mudah, potong kecil2 lalu hancurkan dengan juicer / blender, tambahkan air sedikit2,lalu peras sarinya, ambil airnya, sama seperti memeras kelapa untuk mengambil santannya.

Nasi “per – warna” ( jadi dibutuhkan 6 x bahan di bawah ini )

  • Beras putih 250 gr
  • Beras ketan putih 50 gr
  • Garam 1/2 sdt
  • Santan 300 cc
  • Air pewarna 100 cc
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar

Pelengkap

  • Telur dadar

Cara pengolahan

  1. Campur beras dan beras ketan putih, cuci bersih.
  2. Masukkan semua bahan ke panci dan masak, aduk2 sampai cairan habis, lalu diamkan 15 menit.
  3. Panaskan panci penanak nasi (dandang), masukkan nasi dan kukus selama 30 menit.
  4. Proses ini diulang sebanyak 6x, karena kita akan membuat nasi dengan 6 warna untuk tema Rainbow. Cukup merepotkan memang, tapi melihat hasilnya yang super duper cantik, sehat dan gurih, hilang semua rasa letih membuatnya hehehehe…Setelah 6 warna nasi jadi, masukkan ke dalam cetakan tumpeng mini, susun pewarna sehingga menjadi warna pelangi.

Tips

  1. Santan boleh ditambah apabila nasi dirasa terlalu kering, karena tipe beras berbeda2, ada beras yang menyerap banyak air dan ada yang tidak.
  2. Untuk pengambilan warna dari angkak (merah), bilas angkak 2x dengan air panas supaya rasa pahitnya hilang.
  3. Untuk pelengkap lauknya di sini aku cuma membuat telur dadar yang digulung saja, karena nasi sudah gurih, sudah nikmat dimakan begitu saja. Lagian aku mikir ini kan untuk tema rainbow, jadi yang harus lebih dibahas adalah hasil rainbow theme-nya. Untuk lauk2 lainnya kalau mau ditambah sesuai selera boleh2 aja kok, cuman untuk resep lauknya aku bahas di lain kesempatan yah…

Posted in Resep