Roti Tawar Gandum by diana on 15 November 2012 13 Comments

Mau cerita sedikit mengenai resep Roti Tawar Gandum yang saya sajikan sebagai laporan ajang kali ini, resepnya sumbernya tidak jelas, awalnya dikasih oleh adik angkat di Denpasar yang selalu mengeluh karena rotinya tidak jadi dan selalu bantat. Jelas saya penasaran dan semakin mendorong niat untuk membuatnya.  Ini adalah kedua kalinya saya membuat Roti Tawar Gandum dengan resep terlampir. Pembuatan pertama saya menggunakan mixer memang dan hasilnya sangat memuaskan menurut saya, ga bantat, empuk dan enak untuk diet hehehehe, karena roti tawar gandum itu kan kaya serat, jadi pas untuk orang yang niat diet, tapi tentunya jangan berlebihan,sesuaikan dengan takaran yang pas, karena  roti gandum juga mengandung karbohidrat walau tidak sebanyak yang dikandung roti tawar biasa.

Nah kali ini saya mencoba membuat lagi untuk diikutkan ke acara NCCBW, emang nasib kali ya, harus berjuang walau lagi flue berat, gimana engga, wong hujan deras, lampu mati, mana bisa pake mixer, akhirnya ngulen pake tangan  +  tenaga pas2an… Dan yang paling dijadikan ejekan temen-teman  + keluarga adalah Oven Tangkring tanpa merk dimana suhu panasnya hanya Tuhan yang  tahu meskipun sudah pakai  Thermometer  tambahan,  yang selalu menemaniku di kompor saat diriku membuat hasil panggangan ….  Eittsss, tapi jangan salah, bener kata pepatah yang bilang “the man behind the gun” , mau oven tangring kek, oven listrik kek, oven secanggih apapun, yang penting adalah hasil akhirnya… tul gaaaaa???!!! *bela diri*

Dan selama ini, sejujurnya, iya, bener banget, saya akui, saya hanya punya oven tangring hiks….Memang ada rencana untuk beli oven gas, hanya saja tempatnya belum memadai… Tapi aneka kreasi saya sudah banyak diliput TV Swasta dan Tabloid loh, mau bangga plus mau kasih semangat buat temen-temen yang hanya punya Oven Tangkring, jangan berkecil hati ya, hasilnya ga kalah kok dengan oven yang bukan tangkring hehehe….

Yuk lihat hasil karya saya dengan modal otot pas2an + oven tangkring murahan hahahaha *maluuu*

Swearrrr hasilnya memuaskan deh, walau membuatnya manual, semangaaatttt yuk bikin roti hehehehe…

Roti Tawar Gandum

Selamat mencoba :)

 

*Updated 23 April 2014*

Laporan dari salah satu pembaca web DianaCahya.com yang sukses mempraktekkan resep ini #happy #proud *thanks sis Rossalyn utk kiriman fotonya*

Ayo, siapa lagi yang mau kirim laporannya? :D

ROTI TAWAR BY LINGfb

Roti Tawar Gandum by : Diana Cahya

Bahan-bahan

  • 330 gram tepung gandum utuh (whole wheat) –> aku pakai 375 gram
  • 220 ml air hangat
  • 50 ml susu cair
  • 6 sendok makan minyak zaitun
  • 1 1/2 sendok teh garam halus
  • 2 sendok teh ragi instan, pastikan masih fresh dan cek tanggal kedaluarsa
  • 6 sendok makan madu atau bisa diganti dengan gula pasir

Cara pengolahan

Cara menggunakan metode aku ya

  1. Campur semua bahan, kecuali minyak dan garam dimasukkan setelah adonan setengah kalis :) , karena garam itu tidak bisa ketemu fermipan secara langsung bisa ga ngembang adonannya hehehe…
  2. Setelah adonan kalis didiamkan 1 jam atau sampai adonan mengembang 2x.
  3. Bentuk dan masukkan ke dalam loyang roti tawar (lihat gambar di bawah yah).
  4. Oven 200 derajat Celcius sampai roti matang.
  5. Ciri2 Roti sudah matang, saat diketuk permukaannya berasa keras.
  6. Potong Roti saat dingin dengan pisau yang tajam.

step

Posted in Resep

   

13 responses

  1. aisyah alwi posted on December 7, 2012 at 8:05 pm

    hallo diana,
    saya ibu Iis anggota NCC yang paling tuaaa …saya selalu tertarik dengan web ini karena mengolah roti dengan ragi alami, sementara saya itu sangat senang sekali membuat roti …jadi saya mau contek ya buat hidangan saya dan suami yang vegetarian …. salam kagum …iis

    Reply

  2. diana posted on December 9, 2012 at 1:02 am

    @ Mbak Aisyah : wah merasa terhormat, blog saya dikunjungi oleh sesepuh NCC hehehe… Terima kasih atas apresiasinya ya Mbak, mohon bimbingannya :)

    Reply

  3. ayu posted on December 16, 2012 at 12:21 pm

    mba saya coba ikutin step by step demo mba diana yang di yotube tapi ko hasilnya tepung nya tidak mau hancur alias masih tetap utuh kenapa ya mba

    Reply

  4. diana posted on December 17, 2012 at 2:06 pm

    @ Mba Ayu : hai Mba Ayu, saya bingung dengan statement Mbak Ayu yang bilang tepung tidak mau hancur, perasaan tepungnya berupa bubuk ya, udah ancur dari pabriknya… Atau maksud Mbak, Mbak pake tepung gandum kasar? Di resep saya pake whole wheat flour ya, tepung gandum utuh yang sudah halus, texturnya hampir sama dengan terigu biasa. Pokoknya jangan mengubah bahan dari resep yang saya lampirkan, niscaya anti gagal kok… Semangat ya ;)

    Reply

  5. jessiscalo@yahoo.com posted on October 16, 2013 at 12:49 pm

    Selamat siang..Diana..senang sekali bisa melihat hasil karya anda..berupa mkn2.saya mau curhat..Diana.kenapa roti ragi alami anda bgt bgs..kliatan lembut..dan kembang sekali..knp punyaku bantat..rahasianya apa..Diana?terimakasih atas perhatian Diana.sorry..saya sebut langsung nama anda..dlm pikiranku anda itu muda..dan berhasil..saya merasa bangga dgn dpt berhubungan srt dhn anda..

    Reply

    diana

    Hallo Mbak Jessi,

    Bantat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pengulenan kurang kalis, sehingga adonan tidak bisa halus sempurna.

    Yang kedua juga bisa disebabkan kurangnya proofing time…

    Ayo dicoba lagi dan laporkan di sini ya, jangan pantang menyerah…

    Saya senang sekali kok dipanggil nama, biar lebih akrab ^^

    Reply

  6. jessiscalo@yahoo.com posted on October 16, 2013 at 12:51 pm

    Oh..yha..Diana..saya menetap di ln..mungkin bahasaku agak tersendat..jgn tinggal dihati yha..thks..agak berantakan bhs indo nya..hehehe

    Reply

    diana

    No problemo , say ^^

    Reply

  7. lidya veronica posted on January 12, 2014 at 6:17 am

    Selamat pagi mba diana,
    Saya mau bertanya, saya kan ada projek membuat roti tawar brokoli, kira-kira resepnya sama atau tidak dengan roti gandum? Atau hanya tepungnya saja yang berbeda? Atau mungkin mba diana mempunyai resep yang sudah dirangkau untuk projek saya?

    Reply

    diana

    @Mbak Lidya : Mohon maap, kita belum sempat mencoba membuat roti tawar brokoli. Tapi kalau secara logika kemungkinan cairan diganti juice brokoli ya :)

    Reply

  8. Rossalyn posted on April 23, 2014 at 3:15 pm

    Roti tawar uenakkk.
    Thanks Diana. Resep nya sangat bermanfaat. Karna di rumah tdk ada stok tepung gandum dan nggak sempet beli di tbk. Aku ganti pakai tepung terigu biasa. Aku ikuti setiap langkah nya di resep Diana Cahya. Dan puji Tuhan berhasil cukup memuaskan. Padahal aku cuman seorang pemula. Apalagi untuk bikin roti. Bagi aku bikin roti itu ribet. Tapi setelah praktek. Eh ternyata menyenangkan. Ada kepuasan tersendiri dalam membuat roti. Hehe… Apalagi kalo hasilnya bagus. Roti ini enak dan teksturnya juga bagus dan lembut. Thanks din din cayang.

    Reply

    diana

    Wow muantaappp banget, rotinya cuantikkk keliatan enak… #proud

    Reply

    Rossalyn

    Emang enak. Bukan karna aku bikin sendiri lho. Tp emang enak rotinya. Hehe….

    Reply

Leave a Comment






2 + 9 =