PUFF PASTRY by diana on 28 November 2012 0 Comment

PUFF PASTRY

Kali ini saya ingin mencoba membuat PUFF PASTRY, sudah lama penasaran rasa dari puff pastry nya Ibu Fatmah, dan ternyata rasanya uenak tenan, gurih, garing, krenyes2…

Bikinnya setengah mampus, sampe belain beli rolling pin yang dari besi di Ace Hardware, muahalll ampun harganya, tapi ya demi sebuah hasil memuaskan, dibela2in deh… bener aja adonannya lumayan berat, tekan dengan rolling pin sekuat tenaga, masukin kulkas, keluarin, lipat sesuai instruksi, masukin kulkas lagi… *phew*.. Yang biasanya saya susah banget keringetan, ini ya kok bisa keringatan hehehe… itung2 olahraga bawa hasil : langsing + puff pastry yang uenaakk… suka suka sukaa banget… Usaha keras untuk membuat puff pastry ini bener2 terbayar dengan rasanya yang memuaskan, wajib dicoba!! Jangan beli yang instant aja, buat sendiri di rumah pasti lebih puas dan terjamin deh…

Selesai panggang langsung ludes ludes terus, sampe ga kebagian, cuman dapet icip2 sepotong, karena cape, adonan aku simpan di freezer, besok2 mau buat lagi setelah tenaga terkumpul lagi…

Resepnya aku sadur dari sini: sini

Yuk disimak kue berlayer2 ini bener2 bikin ketagihan, makasih Bu Fat buat resepnya yah *kiss*

PUFF PASTRY

Puff Pastry Fatmah Bahalwan

Bahan-bahan

  • 750 gram  Tepung terigu protein tinggi
  • 250 gram  Tepung terigu protein sedang
  • 15 gram  Ragi instan
  • 15 gram  Garam
  • 80 gram  Gula
  • 2 gram  Bread improver
  • 480 gram  Air es (ditimbang, bukan pakai gelas ukur)
  • 50 gram  Margarin
  • 500 gram  Korsvet / pastry margarine

Cara pengolahan

  1. Dengan bantuan dua lembar plastik, gilas pastry margarin berbentuk memanjang. Masukkan ke freezer.
  2. Aduk 2 macam tepung terigu, ragi instan, gula, bread improver hingga rata. Tuangi air es, uleni hingga rata (boleh manual atau pake mikser, gunakan beater yang bentuk hook / kait), masukkan margarin dan garam. Uleni hingga 1/2 kalis.
  3. Bulatkan adonan, taruh dalam wadah tertutup (supaya tidak kering, bisa juga dengan cara ditutupi plastik), istirahatkan dalam freezer selama 20 menit).
  4. Melipat Sesi 1: Taburi meja kerja dengan sedikit saja tepung (terlalu banyak tepung taburan yang menempel ke adonan akan membuat adonan menjadi keras).
    1. Gilas adonan memanjang, tandai adonan menjadi 3 bagian sama besar (buat dua garis maya bentuk vertikal yang membagi 3 bagian tersebut – anggap namanya A1, B1 dan C1)
    2. Letakkan pastry margarin di tengahnya (lebih tepat di atas 2/3 adonan – yaitu A1 dan B1).
    3. Lalu buat lipatan lagi (lipat A1 menutupi B1, lipat C1 menutupi tumpukan A1 & B1, putar 90 derajat).
    4. Gilas sampai tipis (awas jangan sampai pastry margarinnya bocor keluar dari adonan, bagian samping harus terkunci rapat).
    5. Lipat dengan metode single (bagi adonan menjadi 3 bagian – sebut saja A2, B2, C2. Lipat A2 menutupi B2, C2 menutupi tumpukan A2 dan B2).
    6. Tekan pelan ujung jari di sudut adonan satu kali (maksudnya menandai lipatan sesi 1).
    7. Tutupi dengan plastik, masukkan ke freezer selama 20 menit.
    8. Melipat Sesi 2: Taburi meja kerja dengan sedikit tepung.
    9. Ulangi step 4d.
    10. Lipat dengan metode single (bagi adonan menjadi 3 bagian – sebut saja A3, B3, C3. Lipat A3 menutupi B3, C3 menutupi tumpukan A3 dan B3).
    11. Tekan pelan ujung jari di sudut adonan dua kali (maksudnya menandai lipatan sesi 2).
    12. Tutupi dengan plastik, masukkan ke freezer selama 20 menit.
    13. Melipat Sesi 3: Taburi meja kerja dengan sedikit tepung.
    14. –6a. Ulangi step 4d.
    15. –6b. Lipat dengan metode double (bagi adonan menjadi 4 bagian – sebut saja A4, B4, C4, D4. Lipat A4 menutupi B4, D4 menutupi C4, tumpukan A4+B4 dilipat menutupi tumpukan C4+D4).
    16. –6c. Tekan pelan ujung jari di sudut adonan tiga kali (maksudnya menandai lipatan sesi 2).
    17. – 6d. Tutupi dengan plastik, masukkan ke freezer selama 20 menit.
    18. Melipat Sesi 4 (terakhir): Taburi meja kerja dengan sedikit tepung.
    19. –7a. Ulangi step 4d.
    20. –7b. Lipat dengan metode double (bagi adonan menjadi 4 bagian – sebut saja A5, B5, C5, D5. Lipat A5 menutupi B5, D5 menutupi C5, tumpukan A5+B5 dilipat menutupi tumpukan C5+D5).
    21. –7c. Tekan pelan ujung jari di sudut adonan empat kali (maksudnya menandai lipatan sesi 4).
    22. – 7d. Tutupi dengan plastik, masukkan ke freezer selama 20 menit.
    23. Terakhir gilas tipis adonan, potong bentuk kotak sama rata, lalu iris sudutnya ke tengah (jangan sampe putus ya), lalu tekuk sudutnya ke tengah, jadi deh bentuk bintang.
    24. Lakukan fermentasi selama 30-40 menit.
    25. Poles dengan campuran kuning telur dan susu, tabur gula pasir, panggang dalam oven hingga matang, angkat dan sajikan.

Tips

Jika adonan muncul “kaki” (bagian adonan yang lengket ke meja kerja dan rolling pin) maka itu adalah tanda bahwa pastry margarinnya bocor.

Posted in Resep