Sayur Asem Betawi by diana on 3 February 2013 2 Comments

Aku bukan orang Betawi, tapi aku suka banget Sayur Asem Betawi daripada Sayur Asem yang biasa aku makan saat aku di Malang, Jawa Timur. Perbedaannya itu terletak di isian dan kuahnya, lebih lengkap isian Sayur Asem Betawi dan kuahnya juga aku lebih suka, karena berasa lebih gurih, mungkin karena ada tambahan kacang tanah ya…

Jadi selama aku di kota Metropolitan (baca: Jakarta) ini,  aku sering banget menemukan Sayur Asem Betawi ini di restoran makanan Sunda. Warnanya tidak bening, tapi agak butek (apa yah bahasa Indonesianya?), tapi rasanya enak banget. Tapi jujur aja, lebih puas buat sendiri, karena selain lebih cocok di lidahku juga dapetnya lebih banyak.. puassss deh huahuahuahuahuahuahuahauha

SAYUR ASAM-8703

Mudah loh bikinnya, dicoba yukk ;)

Sayur Asem Betawi Diana Cahya

Bahan-bahan

Bahan A

Semua bahan yang tidak ada takaran, semuanya kira2 aja yahhh hehehe….

  • Kacang Tanah
  • Kacang Merah
  • Kacang Panjang
  • Labu Siam
  • Daun Melinjo
  • Buah Melinjo
  • Nangka Muda
  • Pepaya Muda
  • Jagung dan bonggolnya, potong2
  • Asam Jawa

Bumbu Halus

  • Terasi
  • Garam
  • Gula
  • Lombok Merah Besar
  • Cabe Rawit
  • Kemiri

Cara pengolahan

Rebus semua Bahan A di dalam air mendidih secukupnya, masukkan bumbu halus, kecilkan api, rebus hingga matang. Siap dikonsumsi… ahhhhh segarnyaaa…

Posted in Resep

   

2 responses

  1. resep masakan posted on March 6, 2013 at 11:50 pm

    mantep kayaknya mba…. tapi kok resepnya kaya sayur asem yang biasa aku bikin yah bedanya cuma di nangkanya ajah….

    ( aku orang jawa bukan betawi dan gak pernah makan sayur asem betawi hahahha )

    Reply

    diana

    @Resep Masakan : sama kok, saya juga orang dari Jawa hehehe… gara2 suka makan sayur asem di Jakarta, dan tanya orang2 asli sana, jadi tau deh sayur asem Betawi. Dan resepnya ini hasil dari share orang Betawi juga.. Kalau di Jawa kayaknya bening kuahnya, kalau di Jakarta ini lebih butek (apa ya bahasa Indonesia butek?), tapi aku suka sayur asem Betawi, lebih gurih sih menurutku, selera ya :)

    Reply

Leave a Comment






9 − 8 =