Lumpia Basah & Goreng by diana on 10 December 2013 0 Comment

Lumpia basah, yeepppp….. masakan simple ala Mommy-ku dari jaman aku kecil sampe sekarang masih teringat di dalam angan2 #lebay

Kemaren tiba2 kepengen banget, si empunya resep (baca : Mommy-ku) lagi nun jauh di sana, seberang lautan, negeri Paman Sam, ditanya resepnya via ipad, ehhhh malah diiming2i “foto” Lumpia buatannya via i-mess.  #murka …

Sebelll bangettt kepengen ga kesampean, akhirnya mengira2 sendiri, sambil mengingat2 rasanya yang simpel tapi aku suka, jadilah LUMPIA BASAH ini, rasanya mendekati deh #hiburdiri , 11-12 hahahaha… jelas enak buatan Nyonya lah ya… buatan Mommyku still the best hiks..

Oh ya ada versi gorengnya juga sih, tinggal goreng aja kok… kriuk2… nyam nyammm…*gantian iming2i :))

LUMPIA BASAH

Ini nih LUMPIA GORENG-nya, lumpia basah tadi aku goreng… tidak kalah enak, kriuk2 nyam nyamm… enaaaaaaaaaaaaakk… Puas deh nostalgia masakan Mommy-ku waktu aku kecil #nostalgia

LUMPIA GORENG

Resepnya? Aduhhh simple banget, pake kira2 as usual hiks… maap-kan, ini aja tadi buatnya masih meraba2 :(( untunglah ada kemiripan hahahaha #hiburdiri

Lumpia Basah Diana Cahya

Bahan-bahan

Bahan Isian

Bahan  A :

  • Wortel, parut kasar / potong tipis2 panjang
  • Kubis (Kol), parut kasar / rajang2 / potong2 kecil
  • Udang, kupas, potong kecil2 dagingnya

Bahan B :

  • Bawang Putih Halus

Bahan C :

  • Garam
  • Gula
  • Lada
  • Air sedikit saja

Bahan Kulit

  • Tepung Terigu Protein Sedang 100 gr
  • Tepung Beras 50 gr
  • Telur 1 butir
  • Garam secukupnya
  • Air 400 ml

Cara pengolahan

Cara membuat isian

  1. Tumis Bahan B hingga kuning dan harum, masukkan Bahan A, tambahkan Bahan C.
  2. Aduk2 hingga matang.
  3. Dinginkan, tiriskan air yang tersisa.

Cara membuat kulit

  1. Aduk semua bahan hingga rata kecuali Air.
  2. Masukkan air sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata sampe tidak bergerindil. Saring bila perlu.
  3. Siapkan wajan, olesi sedikit minyak, lap minyak dengan tissue, dadar adonan hingga habis.
  4. Beri isian secukupnya, lipat pinggir kulit ke tengah, lalu gulung.
  5. Siap disantap deh Lumpia Basahnya… Yeayy!

NOTES

  • Untuk Lumpia Gorengnya tinggal lekatkan kulit dengan putih telur, lalu goreng deh… Siap disantap nyam nyam…
  • Untuk Bumbu Kacangnya, mudah sekali, tinggal campur cabe rawit + air jeruk nipis + bawang putih halus + kecap manis, jadi deh…

Simpel kan? Tapi aku suka hehehe… selera bisa beda2 yah… Resep yang aku tulis di blog ini, sebenarnya selain untuk inspirasi, juga untuk file aku sendiri… Kalau aku ada di mana aja, bisa dengan mudah membuka resep2 yang sudah pernah aku coba… hehehehe….

Yukkkkkk serbu lagi Lumpiaaanyaa….. yihaa!! 😀

Posted in Resep

   

Leave a Comment





*