Poekis ala Diana Cahya by diana on 13 February 2014 65 Comments

PUKIS

Entah ya dari dulu kok seneng banget mainan bikin Pukis ini, selain bahannya yang ga mahal, hasilnya buanyak bangettt, bisa dibagi ke kiri kanan, semua kebagian deh pokoknya ๐Ÿ˜€

Saking banyaknya hasilnya, maka aku bikin separuh resep, eehhh masih jadi sekitar 45 pcs Pukis, pake cetakan ini nih, kalau yang ukuran cekungnya lebih kecil ya pasti lebih buanyak lagiiii dah…

Dulu aku punya cetakan yang besi yang beli di pasar, tapi pas kemaren buka2 jadi males mau bikin, gimana engga, wong karatan idiihhh… Dulu sih penjualnya bilang emang ga boleh dicuci…

Entah ya, aku kok tetep ga sreg ama yang ga boleh dicuci, untungnya sekarang ada yang bisa dicuci dan anti lengket, ga usah oles2 mentega lagi ๐Ÿ˜€ *Promo promoooo #ceples!

Eh enggaaaa kok, beneran, wong saya pake sendiri, sekalian jualan kan boleh, siapa tau ada yang membutuhkan, saya bantuin kirim. Baiikkkk kan diriku #cepleslagi

CETAKAN PUKIS

Jadi mikir, abang2 di Carefour ama Indomaret yang jual Pukis ginian banyak juga ya untungnya, padahal dari rasa, yang ini jauh di atas mereka (PD hahaha eh beneran). Walahhhh jadi pengen ikutan bazaar jual pukissss poekisss… asik kali yaaa ๐Ÿ˜€

Dulu pernah sih ikut bazaar jualan martabak manis mini itu, larisnyaaaaaaaa sampe ga bisa duduk, sempet kapok juga, tapi ya ngangenin pengen ikut bazaar lagi ๐Ÿ˜€

Pukis yang aku buat ini, bahannya dari santan, kalau santan mau diganti susu juga bisa kok pemirsa, jadi fleksibel.

Lah kalau diganti air??? Waduhhhh ga tauuu, nda pernah coba ya, bayangin rasanya jadi ampyang kali yaaa ๐Ÿ˜›

Yuk disimak (dan dipraktekkan tentunya ๐Ÿ˜€ ) resep dan step pembuatannya yaaa….

Poekis Jadul ala Diana Cahya Diana Cahya

  • Lama persiapan: 1 jam 15 menit
  • Lama memasak: 30 menit
  • Jumlah porsi: 45

Bahan-bahan

  • 675 cc Santan masak (diambil dari 1 butir kelapa / bisa menggunakan santan instan) *kalau merasa ribet parut santan, berdayakan si Starmix aja*
  • 8 butir telur
  • 500 gr terigu protein tinggi / sedang
  • 350 gr gula pasir
  • 125 gr mentega, cairkan
  • 1 sachet (11 gr) fermipan

Cara pengolahan

PUKIS making

  1. Tuang Fermipan + Gula (1 sdm) + Tepung Terigu (1 sdm) + Air hangat 50 ml, campur dan biarkan 15 menit hingga mengembang dan berbuih2.
  2. Kocok telur dan gula asal tercampur rata.
  3. Masukkan santan bergantian dengan tepung, sedikit demi sedikit sambil dicampur rata.
  4. Masukkan campuran fermipan, aduk rata.
  5. Terakhir masukkan mentega cair.
  6. Tutup wadah dengan cling wrap, diamkan 1 jam.
  7. Siap dicetak di cetakan pukis, selamat bersenang2 ๐Ÿ˜€

Saran Penyajian

Sangat nikmat dimakan dengan teh tawar atau dengan ice cream, bagi saya, pukis ini bagaikan dorayaki Indonesia dehhh :))

Tips

– Air hangat yang dimaksud adalah suam2 kuku, cek dengan jari kelingking, kalau masih berasa panas, jangan sekali2 dituang ke fermipan (ragi), karena ragi akan mati seketika dan tidak berfungsi.

– Topping bisa meisis, kismis, keju, dll sesuai selera, pemberian topping saat pukis sudah setengah matang agar topping tidak tenggelam.

– Kalau suka, setelah pukis diangkat dari cetakannya, panas2 olesin mentega di bagian kulit kiri dan kanan, agar lebih gurih.

Posted in Resep

   

65 responses

  1. yuniati syahriah posted on April 7, 2015 at 11:12 am

    mbak,, minta tolong di email harga cetakan pukis sm cetakan terang bulan mini plus ongkir ke gresik kota brp ya? trims

    Reply

  2. Santya dewi posted on April 15, 2015 at 2:23 pm

    Brp harga pukis makernya dan martabak mininya?

    Reply

  3. suciati posted on May 3, 2015 at 1:14 pm

    Berapa hrg pukis maker nya mba?

    Reply

  4. Ribka posted on May 14, 2015 at 9:58 pm

    Sist, kalo harga pukis makernya brp? Dan jg untuk terang bulan brp?

    Reply

  5. novi posted on June 8, 2015 at 8:36 pm

    Mbak masih ada cetakan pukis & martabaknya… berapa harganya

    Reply

  6. wuli posted on June 27, 2015 at 6:11 pm

    Tolong info harga pukis makernya plus ongkirnya sy d sidoarjo

    Reply

  7. alida posted on September 14, 2015 at 1:46 pm

    Hai ci diana ,

    Blh di infokan hrga pukis maker nya en martabak mini nya? Di denpasar punya cabang?

    Trima ksh

    Reply

  8. Alinda posted on October 14, 2015 at 7:55 am

    Mau ikut ngantri harga pukis maker n tools jelly art doooong

    Reply

  9. Yani posted on November 17, 2015 at 2:24 pm

    Mbak, berapa harga cetakan pukis & martabaknya?

    Reply

  10. meri posted on November 22, 2015 at 11:53 am

    Mau tanya jg berapa harga pukis n terang bulan makernya plus ongkir ke jkt..makasih

    Reply

  11. noor posted on January 9, 2016 at 3:33 pm

    Mba diana. Price list asisten asisten nya mba diana berpa mba? Klo berkenan email ke saya mba. Noor_syafa87@yahoo.com

    Reply

  12. Marista posted on January 14, 2016 at 5:30 pm

    Harga pukis maker dan terbulnya berapa,mbak? Mahal ongkirnya ga ya? Saya di sidoarjo. Terima kasih

    Reply

  13. Marlene Lenny posted on January 19, 2016 at 8:13 am

    Sis, berapa harga cetakan pukis dan terang bulan mini nya?

    Reply

  14. Ratna posted on February 2, 2017 at 9:53 am

    Bak, klo pake santan instan apa dicampur air??

    Reply

    diana

    Suka2 aja, kalo suka santan pekat monggo aja… awas kolestrol ya hahaha

    Reply

Leave a Comment





*