Kastengel by diana on 5 July 2020 0 Comment

Selamat Pagiii semuwaahhnyaa ??
.
.
Rumahku bau keju, bikin happy ?
.
.

Cuma Kastengel aja ini… gampang buatnya tapi mahal bahannya ???. Bikinnya cara males anti ribet aja ya, ga usah dibentuk2 finger bulet gpp lah yaa, ga ada yang melarang, orang Belanda asli juga tau ini kastengel walau bentuknya pipih kotak hahahaha ?
.
.
Kalau bahasa Belandanya “KAASSTENGELS”.
KAAS artinya Keju (Cheese), sedangkan STENGELS artinya Sticks. Rasanya gurih dan asin. Biasanya di Indonesia, si kastengel ini pergi2nya barengan ama Nastar and Putri Salju, mereka kompak banget loh di Hari Raya Idul Fitri dan Natal ??. Akur ya ?


Aku baru inget, kalau banyak yang nanya tips agar kastengel renyah dan ga mudah melempem, nah kamu bisa coba resep dan tips di bawah ini ya.
.
.
Jangan lupa share temen kamu yang suka kastengel ini hahaha biar ngeces bareng2 yaaa ??

Kastengel Diana Cahya

  • Lama persiapan: 10
  • Lama memasak: 100
  • Jumlah porsi: 2 loyang

Bahan-bahan

(@ gram)
A.
Unsalted Butter 150
Salted Butter (Wysjman) 100
B.
Kuning Telur 60
Royco Sapi 1/2 sdt (optional)
C.
Keju Edam (parut) 125
Keju Parmesan 50
D. (ayak)
Terigu Pro Rendah 300
Maizena 40
Susu Bubuk 40
BPDA 4
E.
Kuning Telur 1 butir (untuk memoles)
F.
Keju Cheddar Parut secukupnya untuk taburan topping

Cara pengolahan


How To :
1. Mixer dengan paddle A hingga fluffy, ringan, halus.
2. Tambahkan B, aduk lagi hingga tercampur rata.
3. Campur Bahan C dan D, aduk2 hingga C terselimuti oleh bahan D. Lalu masukkan ke dalam mixer, aduk lagi hingga rata dan bisa dipulung.
4. Pipihkan adonan, ketebalan sekitar 0.8 mm – 1 cm (sesuai selera) dan potong / cetak adonan suka2 kamu aja lah, mau bentuk lucu2 juga boleeeh, tetep kastengel kok hahahaha.
5. Kuas dengan bahan E, lalu taburi dengan bahan F.
6. Oven hingga matang, sesuaikan dengan oven masing2. Aku pakai Oxone Master Oven OX-8842 dengan kondisi 2 Loyang / 2 Tray. Jadi kalau kamu mau panggang 1 tray aja, silakan diadjust sendiri ya. Api Atas Bawah 140 dercel – 15 menit, lalu tukar posisi loyang atas ke bawah, yang bawah ke atas. Panggang lagi 15 menit, lalu tukar posisi loyang atas ke bawah, setting Api Bawah 140 dercel – 10 menit, tukar posisi loyang lagi, panggang lagi 10 menit. Lalu keluarkan dari Oven dan dinginkan.

7. Tata di atas cooling rack, biarkan dingin benar. Lalu, ambil loyang yang lubang2, kalau tidak punya bisa pakai cooling rack yang tahan dipanggang, biasanya bahan stainless tanpa cat. Panggang kembali dengan api Atas Bawah suhu 150 dercel 15 menit. Tujuannya supaya kastengel kering benar keseluruhan, sehingga teksturnya renyah dan tahan lama.

Tips

– Tepung terigu boleh disangrai dulu, agar pemanggangan lebih cepat. Tapi aku kadang suka ga sempat, jadi aku matangkan di oven aja.
– Jangan menggunakan Keju Cheddar di dalam adonan, karena kastengel akan rentan melempem. Gunakan hanya untuk topping.
– Setelah dingin, segera masukkan ke dalam wadah kedap udara.
– Tekstur renyah sekali tapi tidak rapuh, apabila pemanggangan benar.

Note :

Takaran resep sdt (sendok teh) menggunakan sendok takar baking ya, bukan sendok makan biasa.

 

#DianaCahya_Kastengel

Posted in Resep