PAIN DE CAMPAGNE Bread (Perancis) by diana on 28 November 2012 6 Comments

PAIN DE CAMPAGNE

Halooo peri roti yang terhormat,

Bertemu saya lagi nih, kali ini saya ingin mempersembahkan roti yang juga unik menurut saya, dimakan fermentasinya dilakukan pada suhu rendah yaitu diinapkan di dalam lemari es selama 1 malam dan dipanggang pada pagi hari berikutnya. Sekali lagi saya menemukan rasa roti yang mewah dengan ragi alami tentunya, benar2 membuat saya ketagihan untuk terus membuat roti, sekali lagi thanks for NCCBW ini.. Benar2 membuka mata saya untuk terus berusaha membuat roti yang terbaik untuk keluarga.

Walaupun prosesnya terkesan lama, tapi hasil yang diperoleh benar2 mengobati semua jerih payah yang sudah saya lakukan, ternyata ga kalah roti buatan saya dibandingkan hotel bintang lima yang pernah saya rasakan hehehehee… puasss puasss puassss…..

Kali ini saya mengangkat roti Pain De Campagne (duh susah banget nyebutnya, saya aja nyebut masih tersendat2 dan brekele hehehehe).  Pain De Campagne adalah roti dari Perancis. Roti ini pada dasarnya merupakan roti fermentasi alami. Roti ini terlihat sangat sederhana dan hambar, namun sesungguhnya memiliki rasa. Tekstur yang didominasi dengan citarasa gandum sangat cocok untuk dibuat sandwich, tapi dimakan dengan selai coklat juga amboyyyyy yahud nikmatnya… swear deh 🙂

Berikut ini resep dan tahap pembuatannya

PAIN DE CAMPAGNE

Ini penampakan setelah diiris, cakep ya teksturnya

PAIN DE CAMPAGNE 2

Sudah dikemas, ga kalah cantik ama yang dijual di hotel-hotel Bintang 5 *narsis* hihihihi

PAIN DE CAMPAGNE 3

PAIN DE CAMPAGNE 4

Pain de Campagne (Perancis) Sangjin Ko

Bahan-bahan

  • 200 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 40 gr Tepung Gandum utuh
  • 10 gr Kulit gandum
  • 125 gr Ragi alami (Ragi C) (pembuatan ragi sudah pernah saya share, bisa klik di sini)
  • 6 gr Garam
  • 15 gr Gula Pasir
  • 125 gr Air
  • 30 gr Minyak Zaitun

Cara pengolahan

  1. Campur ragi dan air di mangkok. Campur garam, terigu , gandum utuh, kulit gandum. Campur keduanya hingga rata, tambahkan minyak zaitun, uleni adonan hingga kalis.
  2. Letakkan adonan di baskom yang sudah diolesi minyak zaitun, tutup dengan plastik dan diamkan 1 malam dalam lemari es (bukan freezer yah)
  3. Esoknya, biarkan adonan di suhu ruang , lalu bentuk adonan menjadi bulatan (seperti bola).
  4. Siapkan mangkok besar yang dilapisi kain, beri taburan tepung, lalu letakkan permukaan adonan di dalamnya, tutup dengan plastik dan diamkan pada suhu ruang selama 120 menit agar roti mengembang sampai 2x lipat dari ukuran semula.
  5. Jika roti sudah mengembang, letakkan di atas loyang dengan bagian roti yang bertepung menghadap ke atas. Buat irisan di atas roti berbentuk tanda plus.
  6. Oven hingga matang.

Posted in Resep