Sop Merah by diana on 21 July 2013 2 Comments

Ini adalah salah satu makanan favorite keluarga dari kecil, aku inget banget Mami sering memasakkannya utk kita, kalau untuk Papi biasanya ga pake tomat, alias jadi Sop Putih jadinya hehehe…

Biasanya Sop Merah ini enak banget dimakan dengan roti tawar ataupun nasi putih, bahkan dimakan begitu aja enak banget bagiku, ya jelaslah wong aku suka hahahahaha… Posisi menentukan opini yah :p

Di sini aku memberikan 2 metode cara masaknya, bagi yg punya Presto Pintar dan yang tidak punya Presto Pintar / dengan peralatan yang ada di rumah, sama2 bisa membuatnya kok. Bedanya yang pake Presto Pintar pasti lebih praktis dan cepat proses pembuatannya 🙂

DSC_0254

Bagi yg tidak punya Presto Pintar jangan berkecil hati ya, ini aku buatkan caranya yg secara manual.

Sop Merah

Bahan-bahan

  • 4 siung Bawang putih, potong2 tipis
  • 2 batang Daun Bawang, potong2
  • 1 sdt Pala Bubuk
  • 1/2 sdt Merica Bubuk
  • 1 sdt Garam
  • 2 sdm Gula Pasir
  • 4 sdm Pasta Tomat
  • 4 sdm Saos Tomat Delmonte

*utk Pasta Tomat dan Saos Tomat Del monte bisa diganti dengan Tomat Parut kira2 4 buah tomat, tp penambahan gula harus ditambah, tergantung tingkat keasaman Tomatnya*

  • Daging Tetelan + Tulang Iga Sapi untuk Kaldu
  • Wortel, iris kotak2
  • Kacang Polong
  • Sosis, potong2
  • Smoked Beef, potong2
  • Ma Ling, potong2 (tp ini dari Babi / tdk halal) bisa di skip utk yg ga suka / yg Moslem 🙂
  • 1000 ml Air

Cara pengolahan

  1. Rebus Wortel hingga matang, sisihkan.
  2. Rebus Air + Daging Tetelan + Tulang Iga Sapi untuk Kaldu,didihkan dgn api kecil, buang ampas yang mengambang hingga bersih benar, air akan menguap, maka tambahkan air bila kurang.
  3. Tumis bawang putih dan daun bawang hingga layu dan harum dgn sedikit minyak, tuang beserta minyaknya ke dalam air kaldu.
  4. Masukkan semua bahan, rebus hingga mendidih.
  5. Icipin kuahnya, apabila kurang manis atau asin bs ditambahkan gula atau garam,  juga sesuaikan dengan selera masing2 ya.
  6. Selamat mencoba 😉

Tips

Apabila Sop Merah sudah matang bisa dipindahkan ke wadah lain, sehingga Presto Pintar bisa dipakai utk membantu membuat masakan lain.

Sop Merah akan lebih enak bila dimakan keesokannya / sudah diinapkan.

How To : (Dengan bantuan Presto Pintar)

  1. Tumis bawang putih dan daun bawang dalam Presto Pintar dgn sendok kayu sampai layu dan harum.
  2. Masukkan air dan semua bahan.
  3. Tutup Presto Pintar, tekan tombol “Soup”.
  4. Presto Pintar akan berbunyi saat proses masak sudah selesai, biasanya 20 menit, tunggu sampai lampu kedip2 kuning berhenti, ini tandanya Presto Pintar sudah bisa dibuka. *Lampu kedip2 kuning tsb merupakan sistem pengaman, mengingat Presto Pintar adalah alat membantu masak bertekanan tinggi*
  5. Sop Merah siap dihidangkan.

Note :

  • Apabila Sop Merah sudah matang bisa dipindahkan ke wadah lain, sehingga Presto Pintar bisa dipakai utk membantu membuat masakan lain.
  • Sop Merah akan lebih enak bila dimakan keesokannya / sudah diinapkan.

Posted in Resep

   

2 responses

  1. Dadang Hermawan posted on November 22, 2013 at 10:05 pm

    Mbak diana.. Klo aq punya nya presto ga pintar alias manual. Utk mengira2 waktu yg dibutuhkan biar g trlalu mateng gmn ya mbak…?

    Reply

    diana

    @ Dadang Hermawan : Kalau Presto biasa (manual) tidak bisa diperlakukan sama dengan Presto Pintar, Pak… Dikarenakan Presto Pintar sudah komputerisasi, beda dengan yang manual 🙂

    Reply

  2. ardiana posted on December 7, 2013 at 3:53 pm

    Presto pintar itu harganya brpaan mba? brp watt ? Waah,, liat2 blog mba diana jd pengeeeen punyaa.. Masak jd mudaah kayaknyaa *nabungnabungnabung*

    Reply

    diana

    @Ardiana : udah diemailll Mbakk.. hahaha ayukkk nabung sama2 yukk *pengenbelilagi

    Reply

Leave a Comment





*