Lontong by diana on 2 August 2013 5 Comments

Banyak yang menanyakan padaku cara bikin lontong tanpa daun pisang alias menggunakan Plastik, dikarenakan di negara lain itu belum tentu tersedia daun pisang seperti di Indonesia. Halahhh wong aku aja yang masih stay di Indo kadang susah nemuin daun pisang, ke Hypermart kadang ada, tp udah kering.. Ke pasar tradisional pernah juga dikasih ama Mbok2 langganan jualan bumbu dapur, halaahhhhh juga cepet keringnya krn ga sempet mulu, intinya ga matching jadual sayah bikin lontong ama ketersediaan daun pisangnya #alibi :))

Yahhh krn emang penggemar lontong (nyammm uenakkkknyaaa tahu telor pake lontong ngeces nihhh), maka ya mau ga mau aku bikin menggunakan plastik deh… Aku liat juga banyak kok skrg org yg jual lontong plastik udah ga pake daun pisang, demi kepraktisan dan keefesiensian kali yah.. Halah bahasanya susah bener sih :))

Yuk langsung aja disimak cara bikin Lontongnya, siap2 mau lebaran nih, bisa pake ketupaaatttt..

2013-07-27-14-30-38_deco

Lontong Diana Cahya

Bahan-bahan

  • Beras
  • Plastik es mambo biar cakep aja
  • Air

Cara pengolahan

  1. Cuci Beras sampai bersih,
  2. Masukkan ke dalam plastik, beri ruangan 1/4-nya untuk ruang beras supaya bisa mengembang menjadi lontong, ikat plastik.
  3. Tusuk plastik dengan garpu.
  4. Masukkan ke dalam panci berisi air, asal plastik berisi air terendam semua.
  5. Rebus calon Lontong selama 2-4 jam tergantung besar kecilnya lontong.
  6. Tambahkan air bila air sudah menyusut, intinnya calon Lontong harus terendam sempurna.
  7. Kalau sudah matang, tiriskan Lontong, dinginkan.
  8. Lontong lebih cantik bentuknya apabila dipotong saat dingin atau keesokannya, karena tekstur lebih solid.

Nah kalau aku disuruh buat Lontong dengan tekhnik di atas, pengerjaan lama bisa sampe 4 jam, nambahi air kalau menyusut krn airnya kan pasti menguap, aku pasti memilih No Way hahahaha,,, cukup sekali aja aku membuat dengan tekhnik di atas, maklum orang malas sok sibuk dan waktu terbatas untuk di dapur terus mandangi kompor yang takut tiba2 abis LPG-nya juga, kan lama tuh rebusnya… Dan karena aku termasuk orang yang memiliki Asisten Pintar alias Presto Pintar di rumah, makan aku memberdayakannya, masa jadi pajangan doang 😛

Ini caranya kalau menggunakan Presto Pintar, jauuuhhhh banget lebih cepet dan efisien, sekali lagi aku tertolong banget dengan adanya Presto Pintar ini 🙂

Lontong

(metode Praktis dengan bantuan Presto Pintar)

by : Diana Cahya

Bahan-bahan

  • Beras
  • Plastik es mambo biar cakep aja
  • Air

Cara Pengolahan

  1. Cuci Beras sampai bersih,
  2. Masukkan ke dalam plastik, beri ruangan 1/4-nya untuk ruang beras supaya bisa mengembang menjadi lontong, ikat plastik.
  3. Tusuk plastik dengan garpu.
  4. Masukkan ke dalam Presto Pintar berisi air, asal plastik berisi air terendam semua. Tutup Presto Pintar.
  5. Tekan tombol “Congee”, silakan tinggal main Game Emily’s dulu deh , dalam 20 menit Presto Pintar akan berbunyi, lalu lampu akan berkedip2 tanda sedang menurunkan tekanan, setelah lampu menyala terus (tidak berkedip2) tutup Presto Pintar dengan mudah bisa dibuka.
  6. Tiriskan Lontong, dinginkan. Lontong lebih cantik bentuknya apabila dipotong saat dingin atau keesokannya, karena tekstur lebih solid.

Jauh lebih enak kan pake Presto Pintar ini, ga usah susah2 nambahi air, karena airnya ga bakal berkurang :) Ini beberapa penampakan hasil Lontong dengan metode manual dan dengan Presto Pintar, teksturnya sama2 persis enaknya, yang pasti aku memilih menggunakan Presto Pintar karena jauh lebih menguntungkan untukku hehehehe Ini Tahu Tek, tahu telor yang pake lontong + kecambah + krupuk + saus kacang, enak bangetttt.. resepnya? Ntar diupdate ya, ini kan lagi ngomongin topik si Lontong  ^^ 2013-07-27-14-27-12_deco Liat tekstur Lontongnya, perfecto beb :P 2013-07-27-14-24-42_deco Yang ini Lontong opor ati, waahhh ga bersisa deh abis ludes :)) 2013-07-21-13-11-19_deco Nah selamat membuat Lontong di rumah, jaminan mutu dan kebersihan loh kalau bikin sendiri, dan yang pasti ga pake repot kalau punya asisten si Presto Pintar. Penasaran ama Asisten Pintarku tersebut? Bisa baca2 tentang dia di sini nih —> PRESTO PINTAR

Posted in Resep