Tahwa (Kembang Tahu) by diana on 23 November 2013 9 Comments

HASIL

Hari ini aku pengen bangetttt makan Tahwa, kalau orang Jakarta nyebutnya Kembang Tahu, padahal kalau di kampung halamanku di kota Malang, kembang tahu itu yang keras, lalu dimasukkin ke dalam sop, nyam nyam,,, tiba2 jadi pengen juga makan sop *halahhh makan terus aeeee nihhh #logatmalang

Tahwa selain protein tinggi, menyehatkan, juga menghangatkan tubuh dari kuah jahenya… Selain itu tahwa juga menyehatkan loh, juga dipercaya menurunkan berat badan, mencegah osteoporosis, membantu pasien diabetes dengan masalah ginjal, mencegah penyakit jantung, meningkatkan produksi energi, dll… Pokoknya intinya Tahwa ini menyehatkan, yang bikin kurang sehat mungkin dari gula yang terkandung di kuah jahenya ya, jangan terlalu banyak gula deh…

Untungnya aku punya STARMIX yang sangat membantu aku untuk mewujudkan Homemade Tahwa ini dengan mudah 🙂 *bukan promosi ya tapi beneran ini*, kalau ga punya Starmix kayak punyaku tsb, jangan berkecil hati, bisa kok bikinnya, tapi manual ya, dan rada ribet menurutku.

Yuk langsung aja yuk kita simak cara pembuatannya yang beneran mudah, swear 😀

Bahan A

  • 200 gr kacang kedelai, (rendam minimal 3 jam, max 5 jam, buang kulit arinya)
  • 1500 cc air suhu ruang

Bahan B

  • 40 gr soyabean pudding powder
  • 100 cc air dingin (dari kulkas)

Kuah Jahe

  • Jahe putih sesuai selera, kupas, iris2
  • Air secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Daun pandang, ikat simpul

Cara membuat Tahwa :

(kalau mau liat step by step untuk pembuatan sari kedelai / susu kedelai bisa klik di SINI ya)

Blender Bahan A, ambil sari kedelainya, rebus hingga mendidih, jangan lupa sekali2 diaduk2 agar tidak hangus di dasar panci.

Sementara itu siapkan Bahan B dalam panci stainless , larutkan hingga tercampur rata.

1

2

Setelah Bahan A mendidih, panas2 langsung tuangkan ke Bahan B, diamkan jangan digoyang2, biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas.

3

4

Cara membuat Kuah Jahe :

Campur semua bahan, biarkan mendidih.

Saran Penyajian :

– Ambil Tahwa secukupnya (lihat gambar), lalu tuang kuah secukupnya, siap dinikmati. Paling enak disantap dengan kuah jahe yang masih panas. Selamat mencoba 🙂

Dan inilah hasilnya… eng ing eng…

5A

5B

5

HASIL

Tahwa (Kembang Tahu)

Bahan-bahan

Bahan A

  • 200 gr kacang kedelai, (rendam minimal 3 jam, max 5 jam, buang kulit arinya)
  • 1500 cc air suhu ruang

Bahan B

  • 40 gr soyabean pudding powder
  • 100 cc air dingin (dari kulkas)

Kuah Jahe

  • Jahe putih sesuai selera, kupas, iris2
  • Air secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Daun pandang, ikat simpul

Cara pengolahan

Cara Membuat Tahwa

  1. Blender Bahan A, ambil sari kedelainya, rebus hingga mendidih, jangan lupa sekali2 diaduk2 agar tidak hangus di dasar panci.
  2. Sementara itu siapkan Bahan B dalam panci stainless , larutkan hingga tercampur rata.
  3. Setelah Bahan A mendidih, panas2 langsung tuangkan ke Bahan B, diamkan jangan digoyang2, biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas.

Cara Membuat Kuah Jahe

Campur semua bahan, biarkan mendidih.

Saran Penyajian

Ambil Tahwa secukupnya, lalu tuang kuah secukupnya, siap dinikmati. Paling enak disantap dengan kuah jahe yang masih panas.

Posted in Resep

   

9 responses

  1. Dewi Martha Indria posted on June 6, 2014 at 10:43 am

    Mbak, beli soybean pudding powdernya dimana ya?

    Reply

    diana

    Bisa SMS ke 0818428081 Mbak 🙂

    Reply

    violia

    Kalau ke tangerang berapa ci?tq ma tepung hongkong dan ten mien berapa y ci tq.GBU

    Reply

  2. joe posted on November 14, 2014 at 4:40 am

    Mbak soybean pudding powdernya merk apa bisa di dapat di mana? Saya penggemar kembang tahu dari kecil. Bisa tolong sms merk nya mba 081286472533

    Reply

    diana

    Soybean powder bisa pesan melalui SMS ke 0818428081 yah, thank you ^^

    Reply

  3. marlyn posted on January 27, 2015 at 1:48 pm

    Soybean powder mau pesen bisa ya….aku sms di nomer itu ga dibalas-balas.tq

    Reply

    diana

    SMS ke 0818428081 pasti dibalas pada jam kerja 10.00 pagi sampai jam 16.00 kalau sedang di depan HP ya Mbak 🙂

    Reply

  4. asih posted on February 28, 2015 at 9:55 am

    Mba, harga starmix fpny brpa y?
    Trus harga soybean powderny brp mba?
    Tlg kirim price listny y mba.
    Mkasi mba 🙂

    Reply

  5. Fitri posted on July 9, 2016 at 6:51 am

    Ce brp hrg starmix n soyabean powder nya,klu ke pangkalpinang brp ya,msh ada kah

    Reply

Leave a Comment





*