Terang Bulan by diana on 30 April 2014 142 Comments

Akhirnya setelah mencoba berulang kali, tercapailah hasil (yang menurutku) sempurna. Dulu pernah punya resepnya, tapi raib bersama MP (multiply) dimana alamat MPku : din2902.multiply.com.. Ayooo yang merasa dulu pernah akrab denganku di MP ngacunggg!!! *kangen teman2 MP hiks*

Banyaknya permintaan akan resep Terang Bulan ini sungguh membuat aku kepikiran, susah tidur (serius) dan tertantang, pasalnya dulu pernah kok punya resepnya, iya yang raib bersama MP itu *tragis*, benernya banyak sekali resep2 bagus hasil eksekusi sendiri di MP, tapi… yah sudahlah *hela napas*, MP raib tanpa jejak… namanya juga gratisan, maklum kaleee hahaha…Sebenernya kalau janji bikinin resepnya lagi tuh yang paling banget teringat ya Mbak Uti Brata, kepada beliau-lah aku berjanji, dan sekarang lega sudah dilunasi ya Mbakk πŸ˜€

Sebenarnya yang paling membebani aku karena banyak email maupun komen yang masuk, mengatakan ingin memulai bisnis Terang Bulan ini untuk nafkah keluarga *hiks, brebes mili, berkaca2*… Semoga resep ini bermanfaat ya…

Di sela2 kesibukan yang lagi melanda diriku (halah! Biasanya pengangguran kok :D), kusempat2kan eksekusi lagi, dengan menimbang2 ulang komposisi yang pas, dan mencicipi (sampe bobot naik banyak sekaleeee *alibi*), akhirnya.. yeayyy!!! Kutemukan formulasi yang bener2 sama dengan Terang Bulan Mini-ku dahulu…

Oh ya maybe pada bingung kok Terang Bulan sih? Apa bedanya ama Martabak Manis?

Nah gini loh, berhubung aku ini orang Malang, di sana Martabak Manis itu ga ada, yang ada Terang Bulan namanya, mereka itu sama kok, cuman beda istilah menyesuaikan dengan daerah masing2. Kalau Martabak itu maksudnya Martabak telur yang gurih asin itu… Di Malang biasanya duluuu aku beli Terang Bulan dan Martabak Holland, sekarang banyak sekali brand yang sudah inovatif mengalahkan Holland πŸ™‚

Well, udah jelas yah mengenai istilah Terang Bulan vs Martabak Manis, mereka sama πŸ˜€

Oh ya, dulu pernah iseng2 ikut Bazaar di kantor Walikota Jaksel dan juga di kantor Pertanian, ampun2 dah, yang antri beli Terang Bulan iniΒ  banyak banget, sampe grogi diliatin hahahaha…. pengen sih kapan2 ikutan lagi Bazaarnya, tapi lagi menyiapkan nyali untuk menghadapi kaki gempor berdiri dari pagi sampe sore, manggang ini Terang Bulan, gimana engga, wong yang antri ga ada jedahnya :))

Siapa tau jadi ide bisnis, tinggal kreatif aja kasih topping2nya.. Well done!

Yukk dieksekusi resepnya πŸ™‚ Semangat ya…Β  Practise makes perfect πŸ˜‰

 

Bahan2nya sangat sederhana kok, mudah sekali didapatkan πŸ™‚

TERANG BULAN-0794

Terang Bulan aka Martabak Manis by : Diana Cahya

  • Lama persiapan: 90
  • Lama memasak: 10
  • Jumlah porsi: 15

Bahan-bahan

250 gr Tepung Terigu

1 butir kuning telur

1/2 sdt garam halus

70 gr gula pasir

350 cc air matang / susu cair

1/4 sdt vanili bubuk

1/2 sdt soda kue

Cara pengolahan

– Aduk semua bahan jadi satu, kecuali soda kue dimasukkan saat adonan mau dipanggang.

TERANG BULAN-0800

– Mixer adonan sampe tercampur rata

TERANG BULAN-0802

– Diamkan selama 1 jam

TERANG BULAN-0807

– Panaskan panggangan, masukkan soda kue ke adonan, aduk2 adonan.

– Tuang adonan ke dalam panggangan (saya pakai panggangan terang bulan mini), lalu tekan adonan dalam panggangan dengan punggung sendok hingga terbentuk pinggiran tipis di sisi pinggirnya.

– Tunggu sampai adonan berlubang2, tabur gula pasir sesuai selera. Tutup panggangan.

TERANG BULAN-0815

 

TERANG BULAN-0817

 

TERANG BULAN-0819

TERANG BULAN-0830

 

TERANG BULAN-0831

– Panggang hingga matang.

TERANG BULAN-0834

– Angkat dari panggangan, olesi mentega, lalu beri topping sesuai selera.

– Hasilnya, bagian bawah Terang Bulan mulus sempurna dan textur bersarang sempurna.

Selamat mencoba πŸ™‚

Jangan lupa laporannya yaa ^^

 

TERANG BULAN-0837

 

TERANG BULAN-0850

Tips

Tips penting nih :

1. Pastikan panggangan yang dipakai berbahan tebal, agar panas merata.

2. Pemakaian wajan teflon bisa dilakukan untuk memanggang, hanya saja hasilnya tidak maksimal, karena api lebih cepat memanas sebelum sarang terang bulan terbentuk sempurna.

3. Pastikan soda kue yang dipakai masih segar, cara tesnya adalah dengan menuang 1 sdt soda kue ke dalam 1 sdm cuka, apabila berbuih dan berbusa, berarti soda kue masih segar dan siap digunakan.

4. Gula Pasir ditaburkan saat adonan di panggangan sudah membentuk lubang2 sempurna namun belum matang (masih basah permukaannya), agar gula pasir bisa ikut mencair bersama adonan.

 

Posted in Resep

   

142 responses

  1. Feranita Lim posted on May 10, 2015 at 8:13 am

    Ci..mau tanya harga panggangannya berapa?

    Reply

  2. Yanita gunawan posted on May 14, 2015 at 6:22 pm

    Ci. Mau nanya harga cetakan Martabak mini terang bulan. Brp ya Ci? Thx

    Reply

  3. Ellyana Prajytna posted on May 18, 2015 at 6:41 pm

    Akhirnya saya bisa cobain juga ini resepnya Din Din (nunggu loyang datang), anak2 pada suka dan langsung serbu nih terang bulan mininya. Enak banget, bersarang dan kres2 pinggirnya… Thank you banget ya Din #big hug

    Reply

  4. Anita posted on May 26, 2015 at 3:39 am

    Halo mba Diana, salam kenal ya..saya tertarik dengan wajan martabaknya, apakah masih ada? Harganya brp? Tks

    Reply

  5. wahyu posted on June 1, 2015 at 3:39 pm

    haii mbk diana aku mau tanya nih, aku sempet nih bikin terang bulan beberapa kali, tapi hasilnya gak kayak terang bulan malahan rasanya jadi seperti kue bolu, itu kenapa ya?? ap ada yang salah dari resep atau cara pembuatannya yaa ??

    Reply

    diana

    Dicoba aja resep yang ini, siapa tau cocok πŸ˜›

    Reply

    Mayna

    Karena pakai fermipan pasti mas πŸ™‚

    Reply

  6. Melie posted on June 25, 2015 at 11:22 am

    Haii c diana..saya coba resep terbul nya tp g jadi????pake suhu brpa ya kira2?panas sedang/kecil…kok dasarnya isa gosong tp dlmnya msh blm matang?mohon infonya…thx u ????

    Reply

  7. Ike posted on July 13, 2015 at 4:42 pm

    Selama puasa ini sudah tiga kali bikin resep martabak manis ini. Enaak.. ga perlu antri dan keluar rumah buat beli martabak manis lagi. Gampang bangeet bikinnya dan alhamdulillah selalu berhasil. Karena ga ada loyang nartabak mini jadi saya bikin pake teflon 24cm yg dasarnya tebal. Rasanya memang agak beda sama martabak bangka/holland, tp menurut saya lebih lembut. Bahkan setelah masuk kulkas. Kalo martabak manis biasanya ngga enak kalo sudah dingin. Terimakasih bahyak mbak diana..

    Reply

    diana

    Homemade is always the best yah Mbak πŸ˜€

    Reply

  8. Diana Simona posted on July 15, 2015 at 3:47 pm

    Ce, Diana πŸ˜€ aku boleh tau ga harga panggangan martabak mininya berapa, aku mau nyoba resepnya tapi disini susah banget cari cetakan kayak begitu :D.
    tks Ce….:D

    Reply

  9. rita posted on July 24, 2015 at 3:04 pm

    haiii, boleh minta info harga panggangan terbul mini?
    trims banget

    Reply

  10. Ratna posted on July 27, 2015 at 7:12 pm

    Mbak izin share ya (di facebook …)

    Reply

  11. Rita posted on July 28, 2015 at 9:32 am

    Dear Diana,

    m0 nanya, harga loyang terbul mini tsb brp ya?
    thx a lot

    Reply

  12. citra posted on August 1, 2015 at 2:04 pm

    Mbk,beli panggangannya dimana y?apa mbk jual panggangannya?berapa harganya?trims

    Reply

  13. betthy posted on August 7, 2015 at 3:34 pm

    ce,panggangannya merk apa dan harganya brp?tq

    Reply

  14. betthy posted on August 7, 2015 at 3:36 pm

    ce,merk panggangannya apa?harganya brp ce?tq

    Reply

  15. Irene posted on August 19, 2015 at 2:30 pm

    Diana, apakah jual panggangan martabak mininya?

    Reply

  16. Lilie posted on August 19, 2015 at 3:04 pm

    Halo Di.. nggak nyangka ya ternyata ini Diana yg waktu kuliah dulu pernah tak opspek :P. Di , mau nanya .. aku bikin terbul versi ini pas panas bagus banget, kulitnya mulus , atasnya crunchy, nyarang, tapi pas dia udah adem tampilannya jadi jelek dan gak moist kayak terbul yg sering dijual. Apa karena kulit luarnya gak dioles mentega ya? aku rencana nya pengen jual , tapi kalo adem nya kayak gitu kuatir ngurangi penampilan. Thx ya sebelum e

    Reply

    diana

    Hai haiii.. siapa nih berani2 opspek2 akuuuwww??? #dendamkesumat hahahahaha

    Kulit harus dioles mentega yaah spy penampilan tetep indah dan tetep moist, dulu jualan ini di bazaar2 sampe antre2 yang beli loohh πŸ˜€

    Reply

  17. Lilik posted on August 22, 2015 at 4:30 am

    Hi Diana, aku mau nanya beli cetakan terang bulannya dimana? Boleh kasih infonya? Thanks Diana

    Reply

  18. Bodo posted on August 26, 2015 at 8:46 pm

    Ce kalo pake farmepan bisa gak?itu nyampurny sesudah didiemin 1 jam ato sebelumny?
    Barusan buat pake resep laen,pake farmepan ama soda kue tapi langsung dcampur (sblm baca resep ini) tp lobangny dikit.

    Reply

  19. Vanessa posted on October 9, 2015 at 3:49 pm

    percobaan pertama bs dibilang sukses ? ya mba resepnya.. Hehe tp syg aja terang bulannya agak gosong soalnya melengket di wajan

    Reply

  20. santi c posted on October 18, 2015 at 7:54 am

    Mba..tlng inbox saya harga pan terang bulannya dong, sy ingin pesan..makasih ya..

    Reply

  21. miranti posted on November 1, 2015 at 8:50 am

    Berapa harga cetakan terang bulannya mba

    Reply

  22. dita posted on November 8, 2015 at 7:55 am

    Pengeb coba resep martabak manisnya. Mba jual cetakan mini nya? Info harganya dong mba

    Reply

  23. Yuni posted on November 14, 2015 at 10:00 pm

    Mba mo nanya, kalo misalkan resep ini dipake utk jualan, gimana cara ngatur waktu masukkin soda kuenya? Apa ga mempengaruhi rasa adonan jika soda kue sdh dimasukkan tapi belum dipanggang, nunggu org pesan dulu.

    Mis. Resep di atas kan kira2 utk 12 biji t. Bulan, nah kita sdh buat adonan dlu yg didiemin 1 jam terus ada yg pesen tapi 6 biji aja, kita masukkin soda kue dan kita panggang, nah sisa adonan yg lain itu kan disimpan lagi sambil nunggu pembeli, apa ga mempengaruhi tekstur dan rasa t. Bulan tsb?

    Makasih sblmnya

    Reply

  24. nurhayati posted on January 22, 2016 at 2:40 pm

    mbak, kalo kelamaan mixer dan pake kekuatan paling cepat, membuat kue nya bantat? berapa lama waktu mixer nya?

    Reply

  25. Sri posted on January 26, 2016 at 10:46 am

    Greetings buat Diana !!!

    Saya baru nemu website kamu ini.

    Dan tadi pagi coba bikin Terang Bulan/Martabak Mini ini.

    Saya bikin setengah resep saja sebagai percobaan dulu.

    Berhasil loh !!!!

    Walau agak tricky soal pan/Loyang dan api nya.

    Saya pakai Loyang besi hitam yg berat.
    Tapi walau menggunakan api kecil tetap suka hangus bawahnya.
    Jadi saya sering angkat-angkat Loyang nya.

    Saya merasa salut dengan kamu, walau berjualan tapi tetap mau berbagi resep.
    Jarang ada orang yang berjualan makanan tapi mau share ke orang lain rahasia nya.

    Terima kasih yah…

    Boleh tidak kalau saya meminta bantuan kamu?
    Sudah beberapa kali saya mencoba bikin Cakwe karena kangen makan bubur ayam dengan Cakwe seperti waktu di Indonesia dulu.

    Saya melihat resep cakwe dari youtube dengan menggunakan baking powder, terigu, minyak dan air. Tapi tidak pernah berhasil.
    Saya curiga mungkin karena protein terigu nya kurang tinggi (pokoknya bukan kesalahan saya ha ha ha…)

    Di tempat saya tinggal kebanyakan supermarket hanya menjual tepung terigu dengan protein antara 10 sampai 12,5 persen saja.

    Apakah kamu tau resep dan cara membuat cakwe dan mau share ke kita?

    Sekali lagi terima kasih yah Di.

    Cheers,
    Sri

    Reply

  26. Sri posted on January 26, 2016 at 10:55 am

    Greetings buat Diana !!!

    Saya baru nemu website kamu ini.

    Dan tadi pagi coba bikin Terang Bulan/Martabak Mini ini.

    Walau agak tricky. Dengan menggunakan api kecil tetap suka hangus bawahnya.
    Jadi saya sering angkat-angkat Loyang nya.
    Berhasil loh !!!!

    Saya merasa salut dengan kamu, walau berjualan tapi tetap mau berbagi resep.
    Jarang ada orang yang berjualan makanan tapi mau share ke orang lain rahasia nya.

    Terima kasih yah…

    Boleh tidak kalau saya meminta bantuan kamu? Karena kangen makan bubur ayam dengan Cakwe seperti waktu di Indonesia dulu.
    Saya melihat resep cakwe dari youtube. Tapi tidak pernah berhasil.
    Saya curiga mungkin karena protein terigu nya kurang tinggi (pokoknya bukan kesalahan saya ha ha ha…)

    Kebanyakan supermarket di tempat saya hanya menjual tepung terigu dengan protein antara 10 sampai 12,5 persen saja.

    Apakah kamu tau resep dan cara membuat cakwe dan mau share ke kita?

    Sekali lagi terima kasih yah Di.

    Cheers,
    Sri

    Reply

    diana

    Haiii Sri,

    terima kasih atas apresiasinya yah.. nanti kalo sudah ada waktu yang tepat dan sudah praktekkan, saya akan upload cara pembuatan cakwe ya πŸ™‚

    Reply

  27. dimas posted on March 29, 2016 at 12:54 pm

    wah mbak diana cantiiiiik.

    Reply

  28. idmfbs posted on June 24, 2016 at 3:55 pm

    ijin nyobain resepnya

    http://www.idmfbs.com

    Reply

  29. Vinza posted on October 19, 2016 at 8:40 pm

    Ragi instannya gk diksh.???????

    Reply

    diana

    Ikuti resep Mba πŸ™‚

    Reply

  30. Azzahra posted on December 13, 2016 at 9:01 pm

    mbak diana PM donk hrga pangganganya please..thanks

    Reply

  31. Ardi posted on January 24, 2017 at 2:46 pm

    Ci Diana,

    mau Tanya saya pake resep Ci.
    Tapi kok ketika martabak nya dingin kulit martabaknya jadi liat gtu yaa Ci …

    Tips biar pinggiran martabak lebih tahan lama krispinya gmn yaa Ci ?saya bikin berhasil tapi cuma bertahan 5 menitan

    Reply

    diana

    Waaahhh sepertinya saya beli martabak juga kulitnya krispinya ga lama tuh bray, kalo liat kurang diaduk dan tidak didiamkan dulu adonannya πŸ˜€

    Reply

  32. Roni posted on February 19, 2017 at 12:12 am

    Alow thx resepnya ini bgs bgt. Cuma aku mau bertanya knp adonannya perlu didiamkan 1jam ya? Secara di dalam adonan itu kan ga ada pengembang. Cuma gula garem telur tepung air vanili. Gunanya buat apaan ya ditungguin 1 jam. Aku tunggu jwbnya ya cici, makasih loh resepnya bermanfaat bgt buat org bnyak

    Reply

    diana

    Iyaaa.. supaya adonan relaks dong yaa.. kasian udah diubek2, ntar ngambek ga jadi loh terang bulannya hahahahaha

    Reply

  33. mikko posted on February 19, 2017 at 4:40 pm

    hai ci, sya mau tanya nih, sistem dari adonan martabak.
    untuk pembuatan adonan dalam jlh besar, misal 3x lipat.
    bagaimana resepnya?apakah di kali tiga semua?

    brp lama adonan yang belum dikasih soda kuebisa bertahan?
    Dan pertanyaan terakhir, misal utk loyang martabak besar ukuran d26cm, misal takaran adonan 330ml, brp takaran soda kuenya? perlukah soda kue dikasih air sedikit biar larut, sebelum masuk dalam adonan?

    trima kasih

    Reply

Leave a Comment





*